“Bantulah mereka yang membantumu sukses.” CEO Mosco Ice Blend

04:57 on September 5, 2015 by Editor in Capture, Young CEO

Umur boleh muda, tetapi cara berpikir tidak kalah dari para leader yang usianya di atasnya. Petrus Restanto Wibowo boleh jadi masih 25 tahun, namun Chief Executive Officer Mosco Ice Blend ini sudah mengantongi nilai-nilai leadership yang cukup membantunya menjadi matang dalam memimpin sebuah usaha minuman ice blend yang telah memiliki sekitar 200 outlet, dengan sebaran sekitar 40 kota di seluruh Indonesia.

Stars people boleh penasaran apa resep Anto, panggilan akrab bungsu dari dua bersaudara ini, menjadi pengusaha muda sukses. Karena tim CEO Stars sendiri sempat dibuatnya terhenyak dengan perjalanan karirnya yang sarat catatan prestasi di usia mudanya tersebut.

Pemimpin harus bisa berempati
Obrolan pada siang bolong di tengah tumpukan kemasan bubuk cokelat, kopi dan susu di Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo 60 Surakarta, Jawa Tengah, tak menyurutkan semangat kami mendengar cerita kunci sukses bagaimana menjadi pemimpin yang berhasil. “Leader itu yang bisa terjun langsung, mengawasi langsung dan bisa merasakan apa yang dirasakan oleh bawahan.” Tegas Anto antusias saat ditanya tentang arti leadership. Baginya pemimpin yang benar itu tidak hanya yang bisa main tunjuk, namun juga yang bisa dan mau melakukan apa yang diperintahkan pada bawahannya. Ia juga menghindar dari bersikap marah pada karyawan. Baginya menegur tidak perlu dengan marah-marah. Cukup ditunjukkan kesalahannya dan apa yang harus diperbaiki.

Pemimpin harus bisa berkomunikasi
Sebagai lulusan sarjana komunikasi, Anto mendapat manfaat dari ilmu yang diraihnya saat kuliah, yang bisa ia terapkan sekarang dalam menjalankan bisnis. “Berkomunikasi yang baik itu adalah yang tahu karakter lawan bicaranya.” Tandasnya. Pemimpin harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik. Karena bukan hanya perlu dalam mengelola karyawan, namun juga saat berkomunikasi dengan klien.

Salah satu outlet Mosco di sebuah kota kecil di Jawa Tengah

Salah satu outlet Mosco di sebuah kota kecil di Jawa Tengah

Tidak mau menganggur
Jangan pernah menyepelekan yang namanya cara berpikir. Karena darinya seseorang akan menjadi seperti apa. Anto membiasakan dirinya berpikir dan bersikap positif. Termasuk saat lulus kuliah yang tak ingin menganggur meski hanya beberapa bulan. Setelah ikut tes ujian masuk S1 komunikasi, Anto mencoba membuka bisnis minuman coklat & kopinya itu sambil menunggu pengumuman kelulusan.

Berprestasi di olahraga, sukses juga di barber shop
Menjadi berprestasi rupanya sudah merasuk ke dalam darahnya. Tidak hanya di urusan bisnis, Anto juga berprestasi di bidang gulat, olahraga yang ditekuninya. Saat ditanya apa yang menjadikannya bisa sukses di banyak bidang, ia mengaku peran keluarga sangatlah penting. Orang tua, terlebih sang ibu, mengajarkan untuk kerja keras selagi muda. Rupanya mental sukses itu menjadi modal utamanya untuk berhasil dalam menjalankan bisnis barber shop. Ia lahir di tengah keluarga yang mengajarkan untuk berprestasi. Sang kakak juga berprestasi di dunianya, menjadi juara bintang radio televisi. Jadi, istilah bibit-bebet-bobot yang selama ini kita dengar, itu ada benarnya. Pribadi berkualitas hadir dari lingkungan (keluarga) yang berkualitas pula. (CEO Stars-RD)