Bahaya Bila Leader Tidak Melek Hukum

01:14 on February 8, 2017 by Editor in Capture, Corporate

Perusahaan yang baik memiliki perangkat perlindungan yang baik, dalam hal ini legalitas yang memadai. Menyiapkan perusahaan agar memiliki masa depan yang cerah dibutuhkan perangkat hukum yang menunjang. Tak sedikit mereka yang baru maupun lama menjalankan usaha memiliki pengetahuan yang minim akan hal ini.

Tidak ingin pengalaman pahitnya terulang kepada pengusaha kecil dan menengah (UKM), Rieke Caroline, SH., MKn. dari Buatkontrak.com menceritakan pengalamannya di depan puluhan pengusaha pada acara yang digelar di Auditorium Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah tadi siang.

Legalitas usaha menjadi barang langka

Penting bagi seorang leader apalagi seorang Chief Executive Officer (CEO) untuk menguasai poin-poin yang tertuang dalam setiap kontrak kerja yang dibuatnya jika tidak ingin rugi. Bukan hanya kerugian material yang didapat namun juga immaterial, seperti nama baik yang tercoreng, ruang gerak yang terbatas, dan kerugian waktu. Tidak jarang pada kasus-kasus besar yang terjadi justru pemblokiran nama atau badan usaha. Ini dialami Rieke saat menangani kliennya saat berurusan dengan perusahaan agensi iklan.

Hukum bukan perkara mudah

Menyiapkan perusahaan dari sisi administrasi hukum memang membutuhkan effort tidak sedikit. Tak heran banyak pengusaha yang tidak mau ribet. Terlebih jika berurusan dengan birokrasi. Namun jika urusan ‘wajib’ ini tidak diurus sejak awal, maka peluang terjadinya permasalahan kelak di kemudian hari akan muncul. Itulah yang ingin ditawarkan Rieke dengan perusahaannya, Buatkontrak.com, portal penyedia jasa pembuatan kontrak kerjasama, kepada pelaku dunia usaha.

Solusi untuk UKM

Sebagai portal pertama penyedia jasa pembuatan kontrak kerjasama di Indonesia, Rieke memastikan perusahaannya akan memberi solusi terbaik bagi pelaku bisnis, terlebih UKM. Ia ingin para leader di Indonesia terbantu dengan keberadaan usahanya. Mahalnya jasa hukum bukan lagi halangan bagi para pemimpin perusahaan untuk melindungi bisnis dengan legalitas yang berlaku. (CEO Stars-RD)