Bagaimana Menyiapkan Kebangkitan Bisnis Setelah Menemui Banyak Kegagalan?

01:58 on January 4, 2018 by Westi Surya in CEO insight

Hanya 20% bisnis yang mampu bertahan di tahun pertamanya. Dan dari angka tersebut, yang bisa bertahan pasca lima tahun pertamanya hanyalah separuhnya. Ontreprenr.com menyarankan para pebisnis untuk tidak putus asa meski menemui banyak kegagalan. Global Entrepreneurship Report yang dipublikasikan Babson College bahkan mencatat hanya 1-3 bisnis yang bisa merayakan satu dasawarsanya. Sengeri itukah bisnis? Jika Stars people mengalami hal sama, yakni jatuh berkali-kali dalam membesarkan bisnis, tak perlu khawatir. Sepuluh strategi kebangkitan berikut bisa menjadi langkah awal kejayaan:

1. Rancang Ulang Bisnis Dengan Business Plan Yang Tepat. 

Banyak leader tidak memahami apa makna sebuah Business Plan. Tujuan dibuatnya Business Plan tak lain agar laju bisnis terarah sesuai rencana dan bisa segera bermanuver jika terjadi hal yang di luar rencana. Jika Stars people tidak punya keahlian dalam membuat itu, maka tugas Anda tinggal membuat dalam bahasa sederhana. Esensinya ada pada pesan dan bukan tampilan. Tulis ulang visi-misi, value, strategi pemasaran yang digunakan, perencanaan keuangan dan poin planning lain yang dibutuhkan.

2. Lakukan Langkah Re-Branding

Awali kebangkitan bisnis dengan mengubah logo jika itu diperlukan. Mungkin Stars people berpikir bahwa itu sama halnya dengan mencekoki konsumen dengan hal baru dan mereka dipaksa untuk mengingat. Ubah jika ingin tampilan yang lebih segar pada logo perusahaan, pilih warna yang berbeda tetapi tetap mewakili bisnis Stars people. Ubah pula tampilan layout pada website, media sosial, dan channel informasi perusahaan lain.

3. Coba Sesuatu Hal Baru

Lakukan sesuatu yang baru, misalnya jika Stars people sudah pernah melakukan seminar atau workshop secara offline, kali ini buat/adakan secara online. Ide akan bermunculan jika kita mencoba sesuatu yang baru.

4. Buat Popcorn-Product

Popcorn-Product merupakan hal termudah yang dapat Stars people lakukan. Stars people dapat membuat produk 1x selama1 minggu dan dijual kepada pelanggan dengan harga yang relatif murah.

5. Audit Bisnis Anda

Bisnis yang baik adalah yang teraudit baik. Menghindari audit sama halnya dengan menghindari info adanya bahaya yang mengancam di depan. Ada dua poin dalam hal ini, yakni audit manajemen dan audit keuangan. Dengan begitu bisnis Stars people akan lebih kuat, lebih sehat, dan siap menerima klien.

6. Perbarui Postingan Media Sosial

Jika Stars people sudah lama tidak memposting di dunia maya, sekaranglah saatnya untuk meng-update hal-hal yang baru dan cobalah memposting dengan tipe postingan yang berbeda karena akan memberi udara segar. Jangan pernah segan posting. Jika bukan Anda siapa lagi?

7. Kenapa Tidak Mencoba Menjadi Tuan Rumah Workshop atau Webinar?

Tetapkan salah satu ruangan di kantor Stars people untuk dijadikan venue, bisa ruang rapat, ruang tamu atau ruangan lain. Sediakan papan tulis dan kirimkan email ke beberapa calon klien atau target pasar Anda kemudian berikan workshop selama 1 hari. Bisa dilakukan secara offline atau online (webinar). Khusus webinar, jangan lupa untuk berinteraksi dengan audiens dan tetap jual produk Anda. Tentu dengan penyampaian yang tepat.

8. Lakukan Penelitian Segera

Apa yang menjadi tren bisnis 5-10 tahun lalu belum tentu sama dengan hari ini. Untuk bisa tahu trend terbaru, Stars people dapat memanfaatkan Google Alerts, Google Trend, dan berita online lainnya. Dari sana Anda dapat mengetahui mengapa bisnis Anda lesu. Jika sudah menemukan penyebabnya, maka yang terpenting adalah tindakan nyata. Rencana sebagus apapun tanpa aksi nyata hanyalah isapan jempol.

9. Ciptakan Lead Magnet

Sebuah lead magnet dapat mengantar orang yang tidak tahu sama sekali menjadi tahu bahkan ketagihan. Lebih pada sebuah ‘tool’ yang menarik perhatian konsumen untuk bisa terlibat dengan brand Stars people. Ditmbutuhkan pesan yang terkemas dengan apik untuk bisa memancing calon konsumen menjadi konsumen.

10. Hadiri Networking Event

Berpakaianlah yang rapi dan datanglah ke event yang sesuai dengan karakter bisnis Stars people. Akan ada ‘surprise’ melihat target pasar (audience) sedang berkumpul dalam satu event. Bila perlu, Stars people siapkan dua tiga pertanyaan jika menemui sosok yang diharapkan. (CEO Stars-WS)