Bagaimana Cara Memotivasi Karyawan Agar Lebih Semangat Bekerja?

05:40 on September 5, 2016 by Editor in CEO insight

Seorang karyawan yang bekerja 5-6 hari dalam seminggu dengan durasi waktu mulai pukul 9 pagi hingga pukul 5 sore, tak jarang dilanda kebosanan. Tak cuma kebosanan, rutinitas yang sama sepanjang waktu juga kerap membuat para karyawan menjadi stagnan dari ide kreatif  dan hanya bergerak seperti robot yang mengikuti sistem. Terkadang kebosanan mereka tidak dinampakkan. Namun berdampak pada semangat kerja yang menurun, memengaruhi kinerja dan upaya pencapaian target perusahaan. Jika Stars people berada di posisi sebagai pimpinan perusahaan, harus berusaha untuk menemukan cara agar dapat memotivasi karyawan untuk bisa bekerja dengan lebih baik. Berikut ini 9 cara kreatif yang bisa dilakukan oleh Stars people untuk memotivasi karyawan agar lebih semangat bekerja:

Be a good example

Sebagai leader selalulah menjadi contoh yang baik bagi para karyawan. Datang lebih pagi adalah contoh baik yang akan dilihat oleh seluruh karyawan. Dengan datang lebih pagi Stars people bisa mendapat waktu lebih banyak untuk menganalisa dan menyiapkan segala hal yang diperlukan pada hari itu. Perlahan tapi pasti, para karyawan akan mengikuti kebiasaan Stars people datang lebih pagi. Awalnya mungkin karena rasa sungkan, lama kelamaan akan menjadi habbit bagi para karyawan untuk datang lebih awal.

Jadilah pendengar yang baik

Setiap orang butuh untuk didengarkan. Maka jadilah pendengar yang baik bagi para karyawan, Stars people. Sediakan waktu untuk mendengarkan saran, masukan, dan ide-ide mereka. Setiap saran, masukan, dan ide dari para karyawan datang dari pemikiran yang telah dipikirkan masak-masak, karenanya hargailah setiap pendapat mereka. Dengan menjadi pendengar yang baik, Stars people sudah memberikan rasa nyaman. Karyawan merasa dihargai, dan akan berdampak positif bagi peningkatan semangat kerja mereka.

Lakukan kontrol terselubung

Seringkali karyawan mengalami demotivasi karena atasan langsung tidak pernah hadir, peduli, atau menyapa. Sebagai pimpinan sebaiknya Stars people lebih peduli terhadap karyawan. Menyapa dengan ramah ketika berpapasan, atau sesekali mengunjungi mereka ke ruangannya saat bekerja, bisa meningkatkan motivasi dan semangat kerja karyawan. Mereka akan merasa mendapat perhatian dengan kehadiran Stars people secara langsung tanpa merasa kalau sedang dikontrol.

Berikan human touch

Setiap karyawan tentu ingin mendapat perhatian dari pimpinannya. Tunjukan simpati Stars people pada karyawan yang sedang mengalami musibah, atau sedang bahagia. Dengan menunjukan kepedulian dalam batas yang wajar tidak akan menurunkan wibawa Stars people sebagai leader dalam perusahaan. Sebaliknya dengan menunjukkan human touch, Stars people telah memenangkan hati karyawan dan memotivasi mereka untuk bekerja dengan lebih baik lagi.

Bangun suasana kerja positif

Tidak bisa dipungkiri bahwa lingkungan kerja yang positif akan memberikan dampak positif terhadap kinerja para karyawan. Sebagai pimpinan tertinggi di sebuah perusahaan, Stars people sebaiknya membangun suasana kerja yang positif dan nyaman bagi karyawan. Semua itu bisa dimulai dengan membangun pikiran dan karakter positif dalam diri Stars people. Aura positif yang muncul dari diri seorang pimpinan akan menyebar secara positif pula dan memudahkan untuk membangun suasana kerja yang positif, kondusif, dan nyaman.

Bangun rasa saling percaya

Membangun kepercayaan antara Stars people sebagai pimpinan perusahaan dengan para karyawan adalah modal untuk hubungan kerja yang lebih baik. Kejujuran, komunikasi dua arah yang baik, dan penghargaan terhadap karyawan, akan membangun rasa saling percaya yang akan berdampak terhadap meningkatnya kinerja para karyawan.

Beri kesempatan belajar dan berkembang

Karyawan adalah juga pribadi yang unik. Jangan pernah menganggap remeh atau memandang sebelah mata pada mereka. Dengan segala kelebihan dan kekurangannya, jadikan mereka sebagai mitra dalam bekerja. Beri mereka kesempatan untuk belajar dan mengembangkan kemampuan dirinya. Jangan pernah Stars people merasa terancam jika mencapatkan seorang karyawan lebih terampil dan ahli dalam suatu bidang. Sebaliknya bantu ia untuk terus belajar dan bertumbuh. Stars people pasti bisa belajar sesuatu yang berharga dari karyawan yang memiliki kelebihan ilmu dan keahlian.

Adakan gathering dan refreshing

Membicarakan pekerjaan melulu pasti akan menimbulkan kebosanan. Sesekali berikan quality time bagi para karyawan dengan mengadakan family gathering atau kegiatan refreshing bersama seluruh karyawan. Jalin kedekatan pada moment tersebut. Jangan sesekali bicara soal pekerjaan pada saat menikmati kegiatan berharga itu. Dengan mengadakan ativitas tersebut menunjukkan Stars people peduli terhadap kesehatan mental para karyawan. Melalui refreshing, semangat karyawan akan terbarui dan berdampak positif terhadap semangat kerja mereka.

Beri insentif dan bonus yang adil

Stars people perlu mengapresiasi karyawan sesuai dengan kinerjanya. Meski uang bukan segalanya, tapi dengan memberikan insentif dan bonus secara adil sesuai kinerja sebagai wujud apresiasi, akan membuat karyawan berpikir bahwa perusahaan memberikan hak mereka secara proporsional. Dengan demikian akan membuat karyawan meningkatkan kinerjanya, bekerja lebih professional, dan bertahan di perusahaan Stars people. (CEO Stars-TS)