Anda Seorang Pemimpin? Bertanyalah Pada Hatimu

03:28 on July 6, 2015 by Editor in CEO insight

“Mengapa orang-orang harus membiarkan diri mereka dipengaruhi oleh Anda? Jawablah pertanyaan itu, dan Anda akan mencapai wawasan yang lebih dalam pada motivasi kepemimpinan Anda , daripada yang pernah Anda miliki sebelumnya.” Mel Lawrenz – Writer| #CEO Insight.

Ketika Anda memulai merintis karir, pernahkah terpikir bahwa suatu hari Anda akan mencapai posisi seorang pemimpin dalam sebuah tim, divisi, atau bahkan CEO di perusahaan tempat Anda bekerja.

Stars people, pernahkah memikirkan secara mendalam, apa yang akan Anda lakukan pada saat berada di posisi seorang pemimpin? Sebagian besar kita tidak pernah memikirkan hal tersebut. Bagi sebagian besar kita, pekerjaan adalah karir yang dibiarkan mengalir seperti air. Jikapun dirancang untuk mencapai posisi puncak, hanya berorientasi pada kepentingan pribadi semata seperti ; meraih penghasilan yang lebih besar, menempati posisi yang lebih baik, dihormati, punya wewenang lebih, dan segala hal yang sama sekali tidak terkait kepemimpinan itu sendiri.

Ketika tiba masanya Stars people menjadi seorang pemimpian, gaya kepemimpinan bagaimana yang akan Anda pilih? Dan mengapa Anda pikir orang-orang di bawah kepimpinan Anda, harus membiarkan dirinya Anda pengaruhi?

Menurut Mel Lawrenz, dalam bukunya Spiritual InfluenceThe Hidden Power Behind Leadership, mengatakan bahwa ; kepemimpinan itu memengaruhi, bukan sebuah kekuatan atau keinginan untuk menguasai. Orang-orang boleh memilih untuk menerima atau menolak kepemimpinan Anda. Itulah mengapa seorang pemimpin harus memiliki sesuatu yang layak untuk diberikan kepada orang-orang yang dipimpinnya agar mereka respect dan mau dipengaruhi oleh Anda.

Cobalah jawab pertanyaan-pertanyaan berikut dengan permenungan yang dalam.

  1. Apakah menurut Anda kepemimpinana adalah kekuasaan atau kekuatan untuk meraih segala tujuan?
  2. Apakah menurut Anda kepemimpinan adalah sarana untuk membantu mereka yang Anda pimpin meraih tujuan-tujuannya?
  3. Apakah kepemimpinan adalah sarana agar Anda dapat memaksa orang lain untuk mengikuti perintah Anda?
  4. Apakah Anda meraih kepercayaan orang-orang yang Anda pimpin dengan integritas, sikap yang konsisten, ketulusan, dan mereka mengikuti  dengan komitmen yang tinggi?
  5. Apa yang bisa Anda berikan bagi orang-orang yang Anda pimpin?
  6. Apakah rekor kesuksesan dan pengalaman Anda, bersedia Anda bagikan pada mereka agar dapat membantu mereka meraih tujuan-tujuannya?
  7. Apakah Anda memiliki keinginan untuk mendukung, mengarahkan dan menyemangati mereka untuk meraih tujuan-tujuannya?

Percayalah bahwa orang lebih memilih pemimpin yang dapat dipercaya, tulus, jujur, dan peduli terhadap orang-orang di sekitarnya. Bukan mereka yang licik, culas, tidak jujur, dan hanya mementingkan kepentingan pribadi sebagai seorang pemimpin.

Orang lebih suka terhadap pemimpin yang peduli dan membantu orang lain untuk meraih keberhasilan. Tidak melulu fokus pada kesalahan-kesalahan orang lain, melainkan membantu mereka untuk menjadi lebih baik.

Jawaban Anda terhadap pertanyaan-pertanyaan di atas, akan membuat Anda mencapai sebuah titik pemahaman yang mendalam tentang mengapa orang-orang harus membiarkan diri mereka dipengaruhi oleh Anda. Selamat menjawab, Stars People.  (CEOStars-TS)