AFMIS Soroti Peluang Investasi Di Kawasan ASEAN

05:44 on November 15, 2016 by Editor in Capture
AFMIS Soroti Peluang Investasi Di Kawasan ASEAN

The 11th ASEAN Finance Minister ‎Investor Seminar (AFMIS) yang hari ini diadakan di Jakarta menghadirkan seluruh menteri/wakil menteri keuangan seluruh negara anggota ASEAN ini rencananya membahas masalah peningkatan kerja sama ekonomi untuk meningkatkan daya saing ASEAN di mata dunia.

Untuk ke-4 kalinya Indonesia menjadi tuan rumah pertemuan para menteri keuangan ASEAN tersebut. Acara ini dibuka langsung oleh Deputy Secretary General of ASEAN for ASEAN Economic Community, Lim Hong Hin dan Wakil Menteri Keuangan Indonesia, Mardiasmo.

Menurut Masdiasmo dalam opening speech-nya, “ASEAN telah memasuki era baru dengan adanya ASEAN Economic Community, maka dengan adanya AFMIS ini akan meningkatkan daya saing ASEAN di mata global dan negara-negara bagian lainnya.

Seminar sehari ini bertemakan ‘ASEAN: Dynamic, Resilient and Inclusive Region’ akan menyoroti peluang investasi di kawasan ASEAN. Mengeksplorasi pengembangan pasar keuangan dan potensi ekonomi ASEAN dibanding pasar negara berkembang lainnya. Kegiatan ini sangat relevan setelah ASEAN memasuki era baru terbentuknya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Selain itu juga akan ada Thematic Breakout Session yang membahas tiga isu strategis, yaitu sektor infrastruktur, energi dan komoditas, serta turisme. Sebagai upaya meningkatkan peluang kerja sama antar negara ASEAN dalam acara ini juga akan diselenggarakan country breakout session.

Setidaknya ada tiga tujuan dari diselenggarakannya AFMIS ini yaitu: untuk mempromosikan posisi ASEAN sebagai salah satu tujuan investasi yang paling dinamis dan pasar strategis, menarik perhatian komunitas keuangan internasional untuk berinvestasi dan melakukan bisnis di ASEAN, serta untuk memperkuat perspektif internasional tentang pertumbuhan ekonomi ASEAN yang berkelanjutan.

Dalam sesi pembukaan Mardiasmo juga menjelaskan pertemuan tahunan ini akan membahas isu-isu ekonomi demi meningkatkan peran ASEAN dalam menyumbang pertumbuhan ekonomi dunia, karena selama ini ASEAN sudah dikenal sebagai wilayah yang memiliki pertumbuhan ekonomi cukup tinggi.

AFMIS merupakan acara tahunan para Menteri ASEAN untuk bertemu dengan para investor baik yang berasal dari dalam maupun luar kawasan, dalam rangka mempromosikan ASEAN sebagai kawasan yang menarik bagi investor. Acara yang diselenggarakan di Hotel Mulia, Senayan ini dihadiri oleh oleh 300 partisipan, terdiri dari 250 investor domestik, regional, dan global serta 50 partisipan berasal dari anggota delegasi pemerintahan negara-negara ASEAN. (CEO Stars-TS)