9 Manfaat Menulis Penunjang Karir Cemerlang

10:06 on August 29, 2016 by Editor in CEO insight

Menulis adalah bagian dari keterampilan dan kecerdasan bahasa. Melalui keterampilan menulis, seseorang dapat mengemukakan gagasannya dalam bentuk tulisan yang runut dan mudah dipahami oleh pembacanya. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia disebutkan bahwa menulis yaitu melahirkan pikiran atau gagasan  dengan tulisan. Menulis merupakan kegiatan yang bisa melahirkan kreativitas seseorang. Dengan demikian, tulisan mempunyai kekuatan yang sangat besar. Menurut Pramoedya Ananta Toer, “orang boleh pandai setinggi langit tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.” Setiap orang perlu untuk menulis sebagai bagian dari komunikasi yang dapat menunjukkan eksistensi diri dan menunjang karirnya. Berikut adalah 9 manfaat menulis yang dapat menunjang karir Stars people :

Menjernihkan pikiran

Menurut James W.Pennebaker, dosen psikologi di Southern Methodist University USA, berpendapat bahwa upaya mengungkapkan segala pengalaman yang tidak menyenangkan dengan kata-kata dapat memengaruhi pemikiran, perasaan, dan kesehatan tubuh seseorang. Tidak semua orang piawai mengungkapkan isi pikiran dengan bahasa verbal. Menulis merupakan cara untuk menjernihkan pikiran. Tulis saja segala apa yang menjadi beban pikiran Stars people. Menuliskan isi pikiran akan menghindarkan diri dari marah-marah dan distress.

Memudahkan mendapat pekerjaan

Di era digital saat ini menulis menjadi keterampilan yang dinilai saat memasuki dunia kerja. Tidak sedikit perusahaan yang mengamati para calon pegawainya dari tulisan-tulisan di medsosnya. Sebagian besar para perekrut pegawai menilai kandidatnya lewat tulisan dari  blog yang dimiliki. Kemajuan teknologi digital memudahkan para pemilik perusahaan untuk menelisik lebih jauh calon pekerjanya lawat jejaring sosial  atau dengan mencari nama Stars people lewat mesin pencari Google.  Maka sebaiknya menulislah segala hal positif yang dapat meningkatkan brand Stars people.

Menjadi pembelajar aktif

Dengan menulis Stars people “dipaksa” juga untuk membaca sekaligus menjadi pembelajar aktif. Hanya dengan membaca banyak sumber bacaan kemampuan menulis dapat terus terasah. Sebagai pembelajar aktif, Stars people akan menjadi terbiasa untuk menggali informasi-informasi baru yang tidak hanya terkait dengan pekerjaan, namun lebih luas lagi memperkaya wawasan ilmu yang pastinya berguna untuk menunjang karir.

Memiliki nilai lebih

Setiap perusahaan pasti menyukai calon karyawan yang memiliki nilai lebih. Dengan mengasah kemampuan menulis Stars people dapat memiliki nilai lebih karena bisa lebih bermanfaat dibandingkan mereka yang nilai kebermanfaatannya kurang. Dengan menulis Stars people bisa lebih kreatif, dan setiap pemimpin perusahaan menyukai kreativitas dari para pegawai yang kreatif.

Melatih ketajaman konsentrasi

Setiap orang yang menulis memerlukan tingkat konsentrasi yang tinggi dalam menyatukan jalinan kata-kata. Memperbanyak latihan menulis berarti Stars people melatih setiap sinap di kepala untuk lebih fokus dan konsentrasi terhadap suatu permasalahan yang sedang dihadapi. Jaringan sinap di kepala kita hanya dapat bekerja dengan baik melalui proses pembiasaan yang teratur. Dengan menulis secara teratur Stars people telah menemukan cara untuk lebih mempertajam daya konsentrasi.

Mengorganisasi gagasan secara sistematik

Tidak sedikit proposal dan materi presentasi yang dibutuhkan oleh perusahaan. Kebiasaan menulis yang baik akan memudahkan Stars people dalam menyusun dan mengorganisasi gagasan-gasagan secara sistematik dalam bentuk proposal dan slide presentasi. Kemampuan menyusun setiap gagasan secara sistematik akan memberi nilai lebih bagi Stars people yang akan berdampak pada peningkatan karir dan jabatan dalam pekerjaan.

Menambah credit point

Banyak perusahaan dan lembaga pemerintahan yang mensyaratkan hasil tulisan sebagai salah satu credit point yang diperhitungkan dalam kenaikan jabatan bagi para pegawainya. Jika Stars people terbiasa menulis maka tidak akan menemukan kendala yang berarti dalam menghasilkan sebuah karya tulis sebagai syarat kenaikan jabatan.

Membangun sense of creativity

Dalam menulis selain memerlukan data pendukung yang akurat, juga membutuhkan kemampuan untuk mengimajinasikan apa yang ingin dicapai melalui tulisan. Kebiasaan menulis secara rutin akan membangun sense of creativity yang tinggi dalam diri Stars people. Dengan daya kreativitas yang tinggi, akan menjadikan Stars people sebagai pribadi kreatif yang mampu menghasilkan banyak ide yang sangat berguna bagi kemajuan perusahaan, karir, dan jabatan.

Melakukan self healing

Pribadi yang sehat adalah yang mampu mengontrol emosinya. Permasalahan demi permasalahan yang dihadapi oleh Stars people baik di rumah maupun di lingkungan kerja akan memberi dampak negatif bagi semangat kerja. Menulis akan membantu Stars people untuk melakukan proses release terhadap setiap permasalahan yang dihadapi. Proses release terhadap setiap permasalahan adalah bagian dari self healing yang dapat menjauhkan diri Stars people dari trauma berkepanjangan terhadap suatu masalah. Proses self healing akan meremajakan kembali semangat kerja Stars people untuk mencapai setiap tujuan terbaik dalam perjalanan karir.  (CEO Stars-TS)