8 People Skill Yang Harus Dimiliki Seorang Leader

09:46 on September 21, 2016 by Editor in CEO insight
8 people skill

People skill adalah adalah keterampilan menjalin hubungan saling menguntungkan dengan orang-orang yang memiliki latar belakang berbeda dengan kita. Semakin tinggi people skill yang Stars people miliki, maka akan semakin besar peluang untuk sukses dalam profesi yang ditekuni.

Memiliki keterampilan yang baik dalam menjalin hubungan berarti memaksimalkan interaksi secara efektif dan produktif untuk kepentingan setiap orang dalam lingkungan tertentu, menurut Lynn Taylor, penulis buku Tame Your Terrible Office Tyrant; How to Manage Childish Boss Behavior and Thrive in Your Job. Faktanya adalah bahwa setiap orang ingin saling terhubung secara manusiawi di lingkungan kerja. Untuk bisa menjadi leader yang baik dan menginfluence banyak orang, Stars people harus memiliki 8 people skill berikut ini:  

Kesabaran

Sebagai seorang leader, Stars people harus memiliki tingkat kesabaran yang lebih tinggi dibandingkan orang lain. Dengan kesabaran, Stars people dapat mengambil kendali atas situasi yang tak menyenangkan, penuh tekanan, atau intrik-intrik di dalam organisasi atau perusahaan.

Kejujuran

Karir Stars people hanya akan melejit jika kejujuran menjadi bagian dari sikap diri. Kejujuran adalah “kartu mati” artinya sekali kejujuran itu hilang, maka selamanya sulit untuk mendapatkan kembali kepercayaan dari siapapun. Kejujuran adalah pondasi dari setiap hubungan bisnis dan kerja sama.

Bersikap fleksibel

Menjadi seseorang yang disukai oleh banyak orang tidaklah mudah. Dibutuhkan fleksibilitas dalam bersikap dan menyikapi orang lain. Dengan sikap yang fleksibel Stars people dapat masuk ke level manapun dan bisa bergaul dengan lebih baik. Bersikap fleksibel bukan berarti mengikuti arus, melainkan bersikap lentur dalam batasan tertentu sesuai garis batas moral dan etika.

Keterampilan berkomunikasi

Kemampuan berkomunikasi adalah kemampuan yang paling mendasar yang harus dimiliki oleh Stars people sebagai leader. Sebagai komunikator yang baik, Stars people harus sangat berhati-hati menyampaikan suatu pesan agar dapat dipahami oleh orang yang mendengarkan. Hindari hal-hal yang tidak penting dan sistematis dalam berkomunikasi untuk meminimalisir adanya miss communication. Keterampilan komunikasi yang baik tidak hanya dalam bahasa verbal, namun juga menguasai body language secara baik dan benar.

Active listening skill

Sebagai komunikator yang baik, Stars people juga harus menguasai active listening skill.  Pada dasarnya setiap orang ingin didengarkan, tapi mendengar dan mendengar secara aktif adalah 2 hal yang berbeda. Kuncinya adalah berlatih mendengarkan ucapan seseorang, jangan menyela ucapan, mengolah ucapan di dalam pikiran, dan menunjukkan respon baik dengan mengangguk atau tersenyum secara wajar sebelum menjawab atau menimpali ucapan orang tersebut. Memang tidak mudah, tapi dengan berlatih mendengarkan secara aktif, Stars people akan mendapat keuntungan yang lebih dalam pekerjaan.

Kemampuan persuasif

Dalam bidang pekerjaan apapun, Stars people akan dihadapkan pada situasi untuk meyakinkan orang lain agar bisa bekerjasama, atau dihadapkan pada situasi dimana Stars people harus menjual ide proyek, pitching, atau promosi suatu produk. Stars people harus memiliki kemampuan persuasif untuk bisa meyakinkan argumen dan mengapa orang lain harus bekerjasama atau membeli produk yang ditawarkan. Tanpa kemampuan persuasif yang baik, Stars people akan mendapat kesulitan dalam menjalin kerjasama bisnis atau apapun.

Kemampuan bernegosiasi

Kemampuan bernegosiasi yang baik akan membawa manfaat baik secara internal maupun eksternal perusahaan. Secara internal dengan kemampuan negosiasi yang baik, Stars people akan mudah melakukan pendekatan persuasif baik ke level atas maupun bawah soal kenaikan gaji, proporsi kerja, dinamika tim, dan sebagainya. Secara eksternal Stars people bisa menjadi kebanggaan perusahaan saat mampu melakukan deal-deal tertentu dengan pihak rekanan yang akan membawa keuntungan bagi perusahaan.

Memiliki good manners

Good manners atau tata krama yang baik terkait dengan kebiasaan baik yang kadang tidak disadari. Ucapan sederhana semisal: terima kasih, tolong saya ya, maafkan saya, merupakan “kata sakti” yang menunjukkan bahwa seseorang memiliki tata krama yang baik. Ucapan yang terdengar sepele namun berdampak besar dalam pekerjaan melebihi jabatan yang Stars people miliki. Dengan kebiasaan melakukan good manners, Stars people akan dikenal sebagai pribadi yang baik, hangat, dan disenangi siapa saja, dan akan menjadi salah satu kunci sukses dalam pekerjaan.

Ingin menjadi sukses dan melejit meraih karir tertinggi, Stars people? Segera lakukan dan asah  people skill setiap saat. (CEO Stars-TS)