8 Cara Efektif Melatih Interpersonal Skill

10:08 on August 23, 2016 by Editor in CEO insight

Kecakapan interpersonal sering menjadi kendala dalam segala bidang kehidupan. Sebagai bagian dari komunikasi, interpersonal skill wajib dimiliki oleh siapapun. Interpersonal skill adalah kecakapan atau keterampilan yang dimiliki oleh seseorang dalam hubungannya dengan orang lain untuk berkomunikasi baik verbal maupun non verbal.

Tidak jarang kebuntuan komunikasi terjadi karena ketidakmampuan seseorang mengasah interpersonal skill nya.   Untuk mengasah kemampuan interpersonal skill,  Stars people bisa membiasakan diri melakukan hal-hal sebagai berikut :

Senyum yang tulus

Setiap orang akan saling terhubung dan menyedot energi orang lain di sekitarnya. Senyuman yang tulus merupakan upaya untuk menebarkan energi positif ke sekitar kita. Senyum yang tulus adalah pada saat hati, pikiran, tatapan mata, dan gerak bibir seirama. Lakukan yang terbaik dengan senyuman tulus  agar menjadi orang yang bersahabat dengan rekan kerja, lingkungan masyarakat, dan siapapun yang mengenal Stars people.

Jadilah pendengar yang baik

Setiap orang ingin didengar tapi seringkali tak menyediakan dirinya untuk mendengar. Tunjukkan respon positif dengan ekspresi wajah yang antusias terhadap pembicaraan orang lain pada saat mendengarkannya bicara. Dengan mendengar, Stars people bisa mendapat informasi lebih banyak, mengenal lebih banyak karakter, dan mendapat respek lebih tinggi karena kesediaan untuk mendengarkan.

Biasakan untuk mengapresiasi

Temukan hal-hal positif pada setiap orang yang berada dalam lingkaran Stars people. Memuji seseorang atas prestasi  dalam hidupnya, mengucapkan terima kasih, menyemangati dengan kata-kata yang baik, adalah bagian dari bentuk mengapresiasi seseorang. Pada saat orang lain mengetahui bahwa dirinya dihargai, maka ia akan berusaha memberikan yang terbaik terhadap Stars people.

Memberi perhatian 

Setiap orang akan merasa sangat bahagia jika diberi perhatian atas moment penting dalam hidupnya. Baik peristiwa suka maupun duka. Sebutlah namanya pada saat Stars people memberi ucapan selamat atas pernikahan, atau ucapan belasungkawa atas sebuah peristiwa duka. Dengan menunjukan simpati pada saat bahagia, dan empati pada saat sulit, Stars people telah memenangkan hati seseorang.

Berkomunikasi dengan jelas

Komunikasi efektif adalah pada saat apa yang Stars people katakan dipahami oleh lawan bicara. Menurut Albert Einstein, ” If you can’t explain it to a six year old, you don’t understand it yourself.”  Secara ekstrim, jika bahasa yang digunakan untuk menjelaskan tidak bisa dipahami oleh anak berusia 6 tahun, maka artinya Stars people sendiri tidak memahami apa yang dijelaskan.

Kemampuan verbal seseorang dalam berkomunikasi menunjukkan tingkat kecerdasan dan kedewasaannya. Untuk itu sebagai komunikator yang baik harus pandai memilih kata dan cara menyampaikannya agar dapat dipahami dengan jelas oleh orang lain.

Tunjukan sikap humoris

Dengan menunjukkan sikap humoris Stars people telah meruntuhkan sekat komunikasi dengan orang lain. Jangan takut untuk menjadi lucu jika bisa mencairkan suasana. Gunakan rasa humor untuk membangun komunikasi efektif dan sehat dengan siapapun.

Melihat dari jendela lain

Pada saat kita berkomunikasi dengan orang lain, biasakan untuk melihat sebuah permasalahan dari jendela yang berbeda. Namun demikian, jangan lupa untuk menempatkan diri pada posisi rekan bicara Stars people. Dengan berempati atas permasalahan orang lain, Stars people bisa dengan lebih mudah mendapat kepercayaan untuk menggiring pembicaraan dan memecahkan masalah melalui sudut pandang yang berbeda.

Jadilah mediator yang adil

Untuk bisa diterima oleh siapapun, jangan pernah memposisikan diri sebagai sumber konflik. Sebaliknya jadilah mediator untuk menangani konflik-konflik yang muncul ke permukaan. Dengan menjadi mediator yang adil, akan menimbulkan iklim kebersamaan dan kekeluargaan yang lebih sehat dalam lingkungan kerja dan organisasi.

Untuk memiliki kecakapan interpersonal, tidak bisa tidak harus membiasakan diri untuk melatih dan menjadikan semua itu sebagai bagian dari kebiasaan sehari-hari. Siapkah Stars people untuk menjadi lebih expert dalam interpersonal skill? (CEO Stars-TS)