7 Manfaat Tidur Cukup Bagi Penampilan Prima

08:02 on September 1, 2016 by Editor in CEO insight

Setiap orang tahu bahwa tidur di malam hari adalah sebuah keharusan. Namun tak sedikit yang mengabaikan waktu tidur di malam hari dengan berbagai alasan. Pekerjaan yang menumpuk sering menjadi alasan bagi seseorang untuk begadang. Padahal tidur malam yang tidak cukup bisa menjadi penyebab utama kerusakan hati. Sedangkan begadang dan bangun terlalu siang akan mengacaukan metabolisme tubuh. Kurang tidur juga bisa mengakibatkan kerusakan sel-sel otak yang akan menyebabkan kurang konsentrasi dan produktivitas kerja menurun. Agar dapat lebih produktif dan bisa mencapai performa prima, sebaiknya Stars people mulai membenahi dan mendisiplinkan waktu tidur di malam hari. Berikut 7 manfaat yang akan Stars people dapat jika tidur cukup di malam hari:

Mengatasi wajah kusam

Kurang tidur menyebabkan wajah kusam, lebih cepat berkeriput, mudah berjerawat, mata bengkak, kantong mata membesar dan daya tahan tubuh menurun. Cara mudah untuk mengatasi kekusaman wajah dan agar tampak lebih awet muda adalah dengan tidur malam yang cukup. Menurut dr. Nicolas Perricone, “Tidur malam yang baik akan memastikan bahwa anda terjaga segar, tampak beseri-seri dan awet muda.”

Membentuk tubuh ideal

Menghabiskan waktu berjam-jam di pusat kebugaran tidak akan membantu Stars people mencapai bentuk tubuh ideal jika mengalami defisit waktu tidur. Tidur cukup sangat berpengaruh terhadap pembentukan hormon dan sistem metabolisme. Menurut penelitian para ahli, tidur cukup selama 8 jam lebih mudah menurunkan berat badan dan mencapai berat tubuh ideal. Kurang tidur membuat nafsu makan tidak terkendali dan cenderung menyantap makanan tinggi kalori, lemak, dan karbohidrat.

Memudahkan proses healing

Sebaiknya Stars people tidak tidur lewat dari pukul 10 malam agar tubuh dapat melakukan proses self healing. Proses ini harus berlangsung dalam kondisi tidur pulas. Tubuh memiliki sistem metabolisme yang terstruktur untuk melakukan proses detoksifikasi pada saat tidur pulas, yaitu:

  • Proses detoksifikasi (pengeluaran racun) di bagian hati berlangsung pada pukul 11 malam-1 dini hari
  • Proses detoksifikasi di bagian empedu berlangsung pada pukul 1-3 dini hari.
  • Proses detoksifikasi di bagian paru-paru dan sistem pernapasan berlangsung pada pukul 3-5 pagi.
  • Proses detoksifikasi di bagian usus besar dan sistem pencernaan berlangsung pada pukul 5-7 pagi, karena itu sebaiknya buang air besar di pagi hari.
  • Proses penyerapan gizi bagi usus halus berlangsung pada pukul 7-9 pagi, karena itu harus harus sarapan pagi.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Pada saat tidur tubuh  memproduksi molekul protein ekstra yang membantu memperkuat kemampuan daya tahan tubuh Stars people untuk memerangi infeksi dan menjaga kesehatan. Molekul-molekul ini membantu sistem imun menjaga tubuh pada saat stres, terpapar polusi, dan bakteri. Dengan tidur yang cukup daya tahan tubuh seseorang akan bekerja secara maksimal.

Meningkatkan daya ingat

Ketika Stars people tidur tubuh memproduksi myelin, zat pelapis sel otak yang berfungsi melindungi sirkuit otak sehingga fungsi otak akan tetap berjalan normal. Pada saat tidur Stars people mengijinkan otak untuk memroses pengalaman dan pengetahuan baru dengan cara yang lebih baik. Sebaliknya kurang tidur akan menimbulkan rasa bingung dan penurunan ingatan terhadap fakta, wajah, pekerjaan, bertemu orang baru, percakapan, dan daya konsentrasi.

Mengurasi stres dan gangguan mood

Ketika tidur nyenyak tubuh mengeluarkan hormon melatonin yang bertugas mengatur hormon-hormon lain. Ibarat paduan suara, hormon melatonin adalah konduktor. Hormon melatonin dihasilkan oleh kelenjar pineal yang sangat sensitif terhadap cahaya, sehingga hanya bisa bekerja aktif pada malam hari di saat tidur. Hormon melatonin membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan hormon kortisol yang dihasilkan saat stres. Selain mengurangi stres, tidur yang cukup juga dapat mengatasi gangguan mood berupa depresi dan kecemasan.

Menyehatkan jantung

Pada saat ngantuk di jam-jam sibuk atau di tengah tumpukan pekerjaan, Stars people sering berusaha memanipulasi kelenjar pineal dengan cara mengonsumsi kafein atau minuman penambah energi untuk menunda kantuk. Padahal mengonsumsi jenis minuman tersebut akan memberikan tekanan yang lebih berat pada sistem cardiovaskular.  Tidur yang cukup membantu mengurangi level stres dan peradangan (inflammatory) di dalam tubuh Stars people. Level yang tinggi dari inflammatory markers itu berhubungan dengan penyakit jantung dan stroke. Untuk itu tidur yang cukup sangat diperlukan jika Stars people menginginkan jantung yang sehat.

Tubuh mengatur dan membutuhkan tidur dalam cara yang sangat mirip dengan cara mengatur kebutuhan akan makanan, minuman, dan udara. Stars people ingin memiliki tubuh sehat, hidup yang berkualitas, dan penampilan yang prima? Perbaikilah pola tidur sesegera mungkin. (CEO Stars-TS)