7 Kesalahan Mindset Dalam Berjejaring

08:29 on October 5, 2016 by Editor in CEO insight
7 Kesalahan Mindset Dalam Berjejaring


Berjejaring merupakan sebuah aktivitas sekaligus investasi berharga yang perlu dijalankan dengan benar. Sebuah network yang bagus mengajarkan kita banyak hal sekaligus mengingatkan bahwa tidak ada sebuah pekerjaan atau bisnis yang tidak membutuhkan networking. Dalam berjejaring Stars people tidak saja menginvestasikan waktu, melainkan juga tenaga, pemikiran, dan tentu saja biaya.

Menjalin networking berarti Stars people sedang membangun sebuah rantai hubungan profesional yang akan sangat berperan dalam kemajuan perusahaan atau bisnis yang dijalankan. Tidak banyak orang yang siap berjejaring meskipun mereka mengakui bahwa berjejaring sangatlah penting. Sebenarnya masalah utama yang mereka hadapi bukan tentang skill melainkan lebih kepada masalah mindset. Berikut 7 mindset yang menyebabkan kesalahan di dalam melakukan networking:

Networking sama dengan wasting time

Kebanyakan orang berpikir menghadiri sebuah gathering, workshop atau business hour meeting adalah sebuah tindakan wasting time. Tidak banyak orang yang tertarik untuk menghadiri acara-acara seperti itu yang menurut mereka hanya buang waktu dan menyita jam kerja yang ada. Padahal dengan bertemu banyak orang pada forum-forum tertentu dapat membuat seseorang terkoneksi satu sama lain dan akan membuka peluang-peluang baru dalam mengembangkan bisnis.

Tidak punya tujuan dan strategi

Melakukan networking tidak berarti Stars people mendatangi semua forum. Tentukan dulu apa tujuan Stars people berjejaring, lalu tentukan strategi dalam menjalin networking. Pilih forum-forum yang sesuai dengan core business yang Stars people kelola. Vice president Culture and Experience HubSpot, Katie Burke mengatakan bahwa sebaiknya menyediakan waktu khusus setidaknya 1 jam dalam seminggu untuk memfokuskan diri dalam memperluas network. Dengan menyediakan waktu khusus berarti Stars people sudah mengatur strategi untuk menjalankan agenda networking yang telah ditetapkan tujuannya.

Malas mencari info

Mendatangi sebuah forum untuk berjejaring sebaiknya Stars people mencari tahu dulu info tentang forum tersebut. Info yang harus dicari jadi semacam pekerjaan rumah yang harus Stars people kerjakan sebelum berangkat menghadirinya. Dengan mengantongi sebanyak mungkin info, Stars people dapat mengikuti percakapan di dalam forum dengan lancar dan tidak akan mengalami mati gaya karena kehabisan topik pembicaraan.

Tidak percaya diri 

Banyak orang berpikir bahwa berjejaring hanya cocok bagi orang-orang extrovert. Padahal akar permasalahannya hanya pada rasa percaya diri yang kurang. Tidak sedikit orang yang berpikir takut untuk datang sendirian menghadiri forum-forum yang akan menghubungkannya dengan banyak orang. Jika Stars people juga berpikir demikian, sebaiknya mulai membangun rasa percaya diri sebelum terlambat.

Tidak jaga personal brand

Hal yang tidak bisa dihindari di era sosial media adalah setiap orang dari berbagai penjuru dapat mengakses profil Stars people melalui berbagai akun yang dimiliki. Ketika terkoneksi dengan orang-orang baru, mereka akan mencari tahu lebih banyak tentang Stars people. Sebaiknya menjaga setiap postingan di semua sosial media dengan hanya memposting segala sesuatu yang bersifat positif, aktif memperbarui konten, dan menanggapi dengan baik setiap komentar atau feed-back yang diterima karena akan berpengaruh terhadap personal brand  Stars people.

Memberi dan enggan meminta 

Pada saat bertemu banyak orang jangan hanya berharap diri kita menjadi pusat perhatian dengan menyebar sebanyak mungkin kartu nama, namun enggan meminta kartu nama orang lain. Jika pada suatu hari Stars people ingin menghubungi seseorang dengan kredibilitas yang diinginkan, tapi tidak memiliki nomor kontaknya dan hanya berharap dihubungi karena merasa telah menyebar kartu nama, maka itu merupakan kesalahan yang fatal.

Lambat menindaklanjuti perkenalan

Setelah mendapatkan kartu nama dari orang-orang yang ditemui dalam sebuah forum, sebaiknya segera ditindaklanjuti dengan mengirimkan pesan singkat agar alarm pengingat terus berdering dan nama Stars people selalu diingat. Pesan singkat seperti, “Selamat siang Bu Ratna, senang bisa bertemu Ibu di acara workshop kemarin. Saya suka dengan konsep Ibu tentang leadership. Kebetulan saya bekerja di media penyedia konten leadership. Saya akan update sharing Ibu di media sosial. Semoga kita bisa saling menumbuhkan. Salam-Arie”

Sebuah pesan singkat sebagai tanda perhatian Stars people terhadap orang yang baru dikenal akan sangat berarti dan membuka peluang lebih besar bagi kerjasama yang baik. Jangan pernah merasa malu, gengsi, dan tidak percaya diri untuk melakukan follow up perkenalan terhadap setiap orang yang ditemui dalam rangka membangun networking.

Berjejaring adalah sebuah keharusan jika Stars people ingin bertumbuh. Semakin luas network yang dibangun, akan semakin banyak peluang untuk meraih keberhasilan. Stars people masih ragu untuk berjejaring? Segera perbaiki mindset sekarang juga. (CEO Stars-TS)