7 Faktor Komunikasi Interpersonal Penunjang Performa Leader

09:31 on September 29, 2016 by Editor in CEO insight
Komunikasi Interpersonal

Komunikasi interpersonal merupakan komunikasi antara dua orang atau lebih yang terjadi tidak secara formal. Semakin besar interaksi interpersonal yang ada menunjukkan semakin besar perhatian seseorang pada orang lain yang diajak komunikasi, sebaliknya semakin sedikit komunikasi interpersonal yang terjadi semakin kecil orang memperhatikannya.

Sebagai seorang leader komunikasi interpersonal dapat digunakan untuk mengekspresikan gagasan, perasaan, harapan, dan kesan. Dalam setiap aktivitas komunikasi interpersonal dilakukan oleh seorang leader melalui tatap muka untuk saling memengaruhi, mendengarkan, menyampaikan pernyataan, keterbukaan, kepekaan yang merupakan cara paling efektif dalam mengubah sikap, pendapat dan perilaku seseorang dengan efek umpan balik secara langsung. Ada 7 faktor komunikasi interpersonal yang perlu Stars people ketahui untuk menunjang performa sebagai seorang leader yaitu:

Self image

Setiap orang pasti mengenal kapasitas kemampuan diri, status sosial, kelebihan dan kekurangannya. Semua itu membentuk self image yang akan menentukan ekpresi dan persepsi orang lain terhadap Stars people. Disadari atau tidak manusia belajar menciptakan citra dirinya untuk dikenal sebagai apa dalam hubungannya dengan orang lain.

Image of others

Tidak bisa dipungkiri citra diri orang lain (image of others) memengaruhi dalam proses komunikasi interpersonal. Berhadapan dengan orang yang citra dirinya lemah ditandai dengan mudah gugup, tidak fokus, dan bahkan tertutup dan merasa tinggi hati, akan menyulitkan proses komunikasi yang Stars people lakukan. Untuk itu jangan biarkan Stars people terpengaruh oleh image of others yang buruk. Sebaliknya, Stars people harus bisa membawa percakapan menjadi sebuah komunikasi interpersonal yang efektif dengan mengenali lebih awal citra diri orang lain.

Empati

Berempati adalah seolah Stars people merasakan sesuatu yang dirasakan oleh si komunikan ketika melakukan komunikasi dengannya. Stars people dapat mengomunikasikan empati baik secara verbal maupun non verbal. Secara non verbal, Stars people dapat memperlihatkan  keterlibatan aktif  melalui ekspresi wajah dan gerak tubuh yang sesuai.  Konsentrasi dapat terpusat melalui  kontak mata, postur tubuh yang penuh perhatian, dan kedekatan fisik, serta  sentuhan yang sepantasnya.

Kesetaraan

Dalam setiap komunikasi interpersonal tidak ada 2 orang yang benar-benar setara dalam segala hal. Namun demikian komunikasi interpersonal akan semakin efektif bila suasananya setara. Stars people harus memosisikan diri dalam posisi setara dengan komunikan saat berkomunikasi. Dalam hubungan interpersonal kedua pihak sama-sama bernilai dan berharga, dan bahwa masing-masing pihak mempunyai sesuatu yang penting untuk disumbangkan. Menurut Carl rogers, “Kesetaraan meminta kita untuk memberikan penghargaan positif tak bersyarat kepada orang lain.”

Keterbukaan

Dalam komunikasi sebaiknya Stars people memperlihatkan keterbukaan dengan cara bereaksi secara spontan terhadap orang lain. Ada tiga unsur keterbukaan yang harus Stars people perhatikan saat berkomunikasi yaitu: membuka informasi diri secara patut dan tidak berlebihan, bereaksi secara jujur terhadap stimulus dari komunikan dan jangan jadi komunikator yang menjemukan, bertanggung jawab atas segala pesan yang Stars people sampaikan sebagai pendapat pribadi.

Kondisi fisik dan sosial

Kondisi fisik berpengaruh besar dalam berkomunikasi. Di saat Stars people atau komunikan sedang sakit, biasanya kurang cermat dalam memilih kata-kata dan sangat memengaruhi kondisi emosional secara keseluruhan. Di samping itu Stars people juga harus memerhatikan kondisi sosial komunikan dan memiliki kepekaan terhadap perbedaan lingkungan yang ada.

Supportiveness

Hubungan interpersonal yang efektif adalah hubungan dimana terdapat sikap saling mendukung (supportiveness). Komunikasi interpersonal yang efektif dan empatik tidak dapat dilakukan dalam suasana yang tidak mendukung. Sikap yang mendukung dapat diekspresikan dengan cara: spontan, jelas, dan negotiable. Untuk itu Stars people sebaiknya mengenali latar belakang dari setiap komunikan agar dapat memberikan dukungan positif yang wajar.

Stars people masih merasa kesulitan untuk mengaplikasikan ketujuh faktor tersebut? Silakan hubungi tim CEO Stars untuk mendapatkan Communication Training bagi leader dan para staf di perusahaan Stars people. (CEO Stars-TS)