6 Langkah Menghadapi Krisis Transisi jabatan

10:29 on October 10, 2016 by Editor in CEO insight
6 Langkah Menghadapi Krisis Transisi Jabatan

Transisi jabatan dalam sebuah perusahaan akan berjalan sukses atau tidak tergantung dari pemahaman seorang leader terhadap substansi restrukturisasi perusahaan. Dalam perjalanan karir seseorang pasti berharap mengalami kemajuan yang progressive dan berkala. Sangat jarang ada orang yang berpuas diri dan bertahan dalam posisi yang sama jika ia melihat peluang dan diberikan kesempatan untuk menjadi lebih baik dalam berkarir.

Masalah baru akan timbul saat seseorang menghadapi promosi jabatan jika ia tidak siap dengan ketrampilan dan pemahaman dalam posisi barunya hingga bisa menimbulkan stres. Jenjang karir mulai dari pegawai baru, staff, supervisor, manager, general manager, direktur bahkan CEO, masing-masing memerlukan skill dan kemampuan untuk bisa melakukan segala sesuatu sesuai dengan posisi jabatannya. Berada dalam posisi sebagai pemimpin untuk pertama kali menjadi salah satu moment paling menegangkan dalam karir Stars people. Berikut 6 langkah menghadapi krisis transisi jabatan yang bisa Stars people lakukan:

Menjalani proses assessment dengan rileks

Dalam setiap promosi jabatan pasti akan mengalami proses assessment dengan parameter: presentasi, psikotest, dan interview. Proses assessment ini diperlukan guna menilai layak tidaknya kompetensi yang Stars people miliki dengan jabatan yang akan diemban. Secara keseluruhan proses assessment meliputi personal ability, leadership, dan relationship. Sebaiknya Stars people menjalani proses tersebut dengan rileks agar hasilnya  memuaskan. Jangan jadikan proses tersebut sebagai beban mental.

Mengenal diri sendiri dengan baik

Proses assessment dapat dilakukan sewaktu-waktu. Ada baiknya Stars people mengenal diri sendiri dengan baik. Kenali segala kelebihan dan terus mengasahnya menjadi lebih baik, dan kenali kekurangan lalu berusahalah untuk mengeliminir segala kekurangan tersebut. Dengan mengenal diri sendiri Stars people akan lebih siap menghadapi posisi baru dan tanggung jawab yang lebih berat.

Mengubah pola pikir 

Tidak sedikit para leader dalam level manager hingga CEO yang baru saja menduduki posisi tersebut masih merasa asing dan tergagap-gagap melakukan segalanya. Banyak di antara mereka yang masih bertahan untuk tetap melakukan hard skill, padahal sebagai leader di posisi tersebut dituntut harus mengembangkan soft skill-nya. Dalam kondisi ini Stars people harus mengubah mindset. Jangan merasa nyaman dengan skill lama, sebaiknya pelajari banyak soft skill baru yang akan menunjang posisi Stars people saat ini.

Membangun kesadaran diri

Mengubah mindset akan berjalan seiring dengan mindfullness skill. Sebagai seorang leader di posisi jabatan yang lebih tinggi, sebaiknya Stars people harus segera membangun kesadaran diri untuk mengembangkan kapasitas dan skill kepeminmpinan. Tanpa membangun kesadaran diri yang lebih baik Stars people akan mengalami kesulitan saat akan mengambil keputusan, presentasi, berjejaring, dan aktivitas lain yang terkait dengan jabatan baru yang lebih tinggi.

Rutin melakukan medical check up 

Seorang pemimpin hanya dapat membangun leadership, mindset dan mindfullness jika otak berfungsi dengan baik. Untuk itu diperlukan olahraga teratur, gizi yang baik, dan pola hidup sehat lainnya agar dapat terus berpikir positif dan mampu mengatasi stres di posisi jabatan yang baru. Lakukan juga medical check up secara rutin sebagai langkah preventif dalam menjaga kesehatan. Dengan menjaga kesehatan fisik dan mental, Stars people dapat meningkatkan kinerja secara maksimal di level manajerial.

Memahami arti dan tujuan pekerjaan

Sebagai seorang karyawan di level manajerial Stars people harus memahami secara detil arti dan tujuan penempatan jabatan dalam strata kepegawaian. Stars people harus memiliki visi yang jelas dan mampu menjelaskan cara-cara untuk mencapai visi tersebut kepada seluruh karyawan lainnya. Sebagai seorang leader yang visioner harus cermat dalam penyampaian setiap nilai-nilai visi dan kelanjutan program yang telah ada jika dianggap membawa kebaikan dan manfaat bagi kemajuan perusahaan. Semua hanya bisa dilakukan jika Stars people mamahami arti dan tujuan dari pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya.

Stars people siap memasuki level manajerial? Lakukan 6 langkah tersebut dan bersiaplah untuk menghadapi transisi jabatan yang smooth dan sukses. (CEO Stars-TS)