6 Cara Efektif Meningkatkan Writing Skill Bagi Leader

09:46 on September 30, 2016 by Editor in CEO insight
Writing Skill

Writing skill adalah bagian yang tak terpisahkan bagi seorang leader dalam berkomunikasi. Terlebih bagi mereka yang setiap harinya dalam pekerjaan harus berhadapan dengan urusan laporan, email, website, presentasi dan lainnya. Selain terkait masalah pekerjaan, seorang leader sudah harus berpikir bagaimana meninggalkan jejak karya dalam bentuk buku. Sebuah pepatah latin mengatakan verba volant scripta manent yang berarti segala sesuatu yang diucapkan akan berlalu sedangkan segala yang ditulis akan abadi. Sebagai seorang leader, Stars people sebaiknya menuliskan segala hal yang diilmui sehingga akan menjadi pengetahuan yang dibaca, dipahami, dan diamalkan oleh banyak orang. Bagaimanapun seorang leader yang menulis buku akan berbeda dengan mereka yang tidak menulis.

Keterampilan menulis tidak serta merta bisa dikuasai begitu saja. Untuk menulis seorang leader harus banyak membaca. Josh Bernoff, penulis buku “Writing without Bullshit: Boost Your Career By Saying What You Mean”  telah mengadakan survey terhadap 547 orang dan menemukan bahwa kebiasaan membaca masih berada dalam range nilai 5,4 yang berarti sangat berdampak buruk pada kemampuan menulis. Tidak bisa dipungkiri bahwa dengan banyak membaca akan memperluas wawasan dan materi dalam menulis. Agar bisa meningkatkan writing skill dengan baik dan efektif tidak ada salahnya menerapkan 5 cara berikut:

Menantang Diri Sendiri

Beri tantangan pada diri sendiri dengan memasang target tertentu dalam menulis. Tentukan tema apa yang akan ditulis dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya. Setelah itu buat outline untuk menjaga agar tulisan tidak melebar dari tema yang telah ditentukan.

Menulis sekali duduk

Sebaiknya break down tema dalam beberapa sub tema dan tuangkan dalam sebuah outline. Setelah itu usahakan untuk menulis setiap sub tema dalam sekali duduk. Artinya, selesaikan satu sub tema dalam sekali menulis. Tentukan saja misalnya satu sub tema ditulis dalam waktu 2 jam. Setelah selesai menulis 1 sub tema, lalu berhenti dan biarkan tulisan begitu saja untuk diendapkan.

Gunakan otak kanan

Menulis adalah pekerjaan otak kanan. Biarkan saja tulisan mengalir tanpa perlu dilihat kembali apa yang telah ditulis. Melihat ulang pada saat yang sama ketika menulis hanya akan memancing otak kiri untuk mengedit. Menulis sambil mengedit sama dengan tidak akan pernah selesai menulis. Sebaiknya setelah selesai menulis dalam sekali duduk kemudian endapkan tulisan untuk diedit pada lain waktu.

Kenali self bad habit

Dengan mengenali kebiasaan buruk diri sendiri berarti Stars people telah menemukan “hantu” yang menggangu konsistensi dalam menulis. Buatlah sebuah kalimat positif sebagai penyemangat diri dalam menulis, lalu tempelkan pada bagian dinding atau di manapun yang mudah terbaca sehingga akan menjadi booster saat semangat menulis melemah.

Disiplin dalam proses

Seperti halnya banyak pekerjaan lain di dunia ini, menulis membutuhkan disiplin dan konsistensi. Jangan terlalu memikirkan hasil dari tulisan yang Stars people kerjakan. Nikmati saja proses menulis dengan berusaha untuk disiplin sekuat mungkin dalam melakukannya. Jangan tergoda untuk menulis tema lain sebelum satu tema selesai ditulis. Setiap tulisan yang Stars people kerjakan akan menemukan jalannya untuk berhasil dan menginspirasi banyak orang.

Kolaborasi dengan partner

Jika Stars people merasa tidak terlalu percaya diri dalam menulis, tidak ada salahnya mencari partner yang bisa bekerjasama dalam menghasilkan sebuah buku. Dengan berkolaborasi Stars people dan partner bisa saling melengkapi kekurangan masing-masing. Untuk itu perlu dibuat perjanjian yang jelas dengan mitra menulis yang Stars people pilih agar tidak terjadi perselisihan dan saling mengklaim karya yang telah diterbitkan di belakang hari.

Harus diakui dengan jujur bahwa banyak para leader yang bermasalah dalam writing skill-nya. Apa yang harus Stars people lakukan jika masih mengalami kendala juga dalam menulis? Hubungi CEO Stars untuk memberikan pelatihan menulis yang dibutuhkan hingga menghasilkan sebuah buku sebagai jejak karya. (CEO Stars-TS)