6 Cara Bijak Mengelola Waktu Agar Efektif

02:30 on August 10, 2016 by Editor in CEO insight

Stars people sering merasa lelah dikejar deadline kerja? Kesulitan mengatur waktu? 24 jam sehari tidak merasa cukup karena kesibukan yang tiada habisnya? Kuncinya adalah bagaimana memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. Waktu adalah satu-satunya hal berharga yang menjadi milik setiap manusia sepenuhnya. Bahkan seseorang yang tidak memiliki apapun pasti memiliki waktu. Tetapi bagaimana memanfaatkan waktu untuk menghasilkan masterpiece yang berharga, rasanya tidak semua orang bisa melakukannya. Perlu kemauan dan disiplin keras untuk bisa mengelola waktu dengan bijak. Berikut 6 cara bijak mengelola waktu yang bisa Stars people lakukan.

Rencana harian

Terkesan sepele, mencatat apa saja yang harus dikerjakan dalam 24 jam yang akan dilalui. Tetapi ini adalah cara efektif untuk mencapai tiap target yang ingin Stars people capai. Rencana harian membantu untuk fokus mengerjakan sesuatu berdasarkan prioritas. Sebuah rencana yang baik dan akurat dapat memberikan kontrol yang besar pada waktu, sehingga waktu yang kita miliki tidak akan terbuang dengan sia-sia. Peter Bregman dalam buku best seller bertajuk 18 Minutes menyarankan untuk membuat rencana sebagai hal pertama yang harus dilakukan ketika memulai hari.

Skala prioritas

Perbedaan antara hal mendesak dan penting adalah kunci untuk memprioritaskan waktu dan beban kerja, baik saat berada di tempat kerja ataupun di rumah. Priority Matrix  seperti berikut bisa membantu mengategorikan apa yang harus Stars people kerjakan terlebih dahulu

SkillYouNeed.com

Satu hal penting yang harus diingat untuk menjadi prioritas utama adalah menjaga kesehatan. Tanpa kesehatan yang prima mustahil kita mampu mengerjakan semua rencana dengan maksimal.

Catatan dan tanda pada kalender

Mencatat apa yang harus dilakukan dan target pencapaiannya dengan memberi tanda pada kalender mungkin hal yang sederhana. Stars people bisa mencoba melakukannya untuk rencana dalam satu bulan, dan ketika satu bulan berlalu kalender tersebut akan menunjukkan betapa berharga waktu yang kita miliki. Aplikasi seperti aCalendar+, Calengoo, atau Business Calendar bisa jadi referensi bagi Stars people jika merasa kalender fisik kurang relevan untuk aktivitas yang padat.

Efisienkan waktu menunggu

Waktu begitu berharga, tapi berapa banyak waktu terbuang percuma karena aktivitas menunggu? Jadi kenapa tidak mulai mengefisienkan waktu  menunggu antrian kunjungan ke dokter, bank, atau antrian lain dengan mengerjakan sesuatu yang lebih berguna. Selalu bawa block note dan buku bacaan. Gunakan saat mengantri dengan membaca, dan catat ide-ide yang datang saat membaca agar tak menguap begitu saja.

Tidur cukup dan berkualitas

Tidur merupakan aktivitas paling baik untuk merelaksasi tubuh dan otak. Menurut para ahli, durasi tidur yang dianjurkan setiap malam adalah 7-9 jam. Tidur yang kurang dari durasi tersebut dapat menyebabkan kurangnya produktivitas dan meningkatnya kadar stress. Tetapi tak bisa dipungkiri, dunia kerja dengan mobilitas tinggi terkadang memangkas waktu tidur di malam hari. Solusinya?  Gunakan waktu istirahat siang untuk memejamkan mata sekitar 15-20 menit. “Tidur siang dapat mengurangi tingkat kelelahan, meningkatkan proses belajar serta meningkatkan koordinasi tubuh,” ungkap Michael A Grandner, PhD, seorang instruktur dan anggota Center for Sleep and Circadian Neurobiology dari Universitas Pennsylvania, Amerika Serikat.

Bijak menggunakan internet dan gadget

Tak dapat dipungkiri dewasa ini internet dan gadget adalah hal yang tak terpisahkan dari dunia profesional. Bahkan peluang ini menjadi ladang bagi pebisnis start-up dan e-commerce. Terkoneksi dengan internet dan  selalu on bisa mematikan produktivitas. Notifikasi yang masuk seakan memaksa  untuk dibuka dan mengalihkan fokus terhadap apa yang sedang dikerjakan. Terlepas itu penting atau tidak, yang pasti butuh beberapa menit untuk membukanya. Hitung saja berapa waktu Stars people yang terbuang percuma untuk hal tersebut. Memutuskan koneksi data beberapa saat dari smart phone adalah langkah bijak untuk memaksimalkan penggunaan waktu dalam bekerja dan berkarya.

Waktu tak terbilang mahalnya. Jika mampu memanfaatkannya dengan baik, maka waktu akan mengantar Stars people menuju kesuksesan. Pekerjaan selesai sesuai deadline dan pencapaian target demi target akan sangat memengaruhi kehidupan di masa depan, dan semua bisa diperoleh jika kita menguasai time management yang baik. (CEO Stars-AP)