5 Langkah Efektif Berjejaring Bagi Sang Introvert

07:41 on September 15, 2016 by Editor in CEO insight
cara introvert berjejaring

Seorang introvert sering merasa sulit untuk besosialisasi, padahal potensi mereka juga sangat besar tak kalah dengan para ekstrovert. Hanya saja seorang introvert tidak seluwes para ekstrovert dalam bergaul dan bahkan berjejaring dalam dunia bisnis. Padahal network adalah asset berharga dalam membangun dan mengembangkan bisnis. Jika kita cermati, hampir semua bisnis di dunia mampu tumbuh besar dengan kekuatan networking. Robert T. Kiyosaki dalam bukunya bertajuk The Business of The 21st Century mengemukakan bahwa setidaknya ada 8 asset pembangun kemakmuran, dan salah satunya adalah “the power of your own network”.

Stars people yang merasa menjadi pribadi introvert bisa mencoba menerapkan beberapa tips berikut untuk menjalin networking:

Catat kekuatan personal

Setiap manusia pasti punya kelemahan dan kelebihan yang berbeda satu sama lain. Kelebihan yang kita miliki adalah kekuatan pribadi yang harus selalu kita asah dan tingkatkan levelnya. Bagaimana dengan kelemahan yang kita miliki? Positive thinking saja, jangan memenjarakan pikiran pada kelemahan, fokus pada kekuatan personal yang Stars people miliki. Jadilah seperti gelas yang selalu kosong saat bertemu dengan orang baru. Serap sebanyak-banyaknya hal positif dari mereka, lalu biarkan pikiran bawah sadar melakukan self filtering  terhadap ilmu yang telah diserap. Stars people akan merasa perubahan yang semakin baik dari waktu ke waktu, hingga menjadi introvert bukan lagi halangan untuk menjalin networking di dunia bisnis dan profesional.

Maksimalkan peran media sosial

Menurut data terbaru dari wearesocial.com, pengguna internet aktif di seluruh dunia kini mencapai angka 3,17 miliar. Dari tahun ke tahun, jumlahnya meningkat hingga 7,6%. Pertumbuhan pengguna internet ini juga berpengaruh terhadap pertumbuhan pengguna media sosial dan mobile. Menurut laporan yang sama, pengguna media sosial aktif kini mencapai 2,2 miliar, sedangkan pengguna mobile mencapai 3,7 miliar.

Menjamurnya platform media sosial menjadi berkah tersendiri bagi pribadi introvert.  Pola pikir, sense of humour, bahkan ide sang introvert bisa mengalir lancar di sosial media. Orang lain di sekitarnya akan menjadi aware akan pribadinya yang tidak nampak di kehidupan nyata karena keengganan untuk berinteraksi dan cenderung menutup diri. Adanya penerimaan di media sosial membuat kepercayaan diri seorang introvert  berangsur bangkit. Ia perlahan akan berani untuk bertemu langsung dengan orang-orang yang telah dikenalnya di dunia maya. Kesadaran bahwa ternyata ada yang merasa senang dan nyaman berinteraksi dengannya akan membangkitkan rasa percaya diri. Secara tidak langsung memperbaiki kemampuan verbalnya dalam berkomunikasi, hingga rasa canggung ketika berinteraksi lama-lama akan terkikis.

Lebih sering menghadiri seminar/ talkshow

Menghadiri seminar, talkshow atau sejenisnya adalah cara yang cukup efektif untuk memperbanyak networking. Pastikan selalu membawa name card dan bersiaplah untuk bertukar data, serta berinteraksi dengan banyak orang baru yang  akan Stars people temui. Bagi seorang introvert, datang lebih awal sebelum acara berlangsung juga akan sangat membantu. Datang lebih awal berarti akan ada waktu lebih banyak untuk berinteraksi dengan peserta seminar lain. Gunakan kesempatan itu sebaik-baiknya, berinteraksi dengan sebanyak-banyaknya orang yang bisa Stars people temui. Perkenalkan diri termasuk kegiatan dan kesibukan yang Stars people jalani saat ini dengan wajar. Berikan umpan balik atau ajaklah mereka berdiskusi kecil tentang tema seminar yang menarik dan mengapa memutuskan untuk datang di acara tersebut. Obrolan sederhana bisa membuka peluang yang lebih besar, untuk sekadar menciptakan good networking ataupun untuk bisnis.

Lebih banyak mendengarkan

Ini adalah salah satu kekuatan pribadi introvert, kemampuan untuk mendengar jauh diatas seorang ekstrovert. Ini dikarenakan para introvert masih menyimpan dan terkesan malu-malu menunjukkan eksistensi dirinya. Lantas mengapa ini menjadi kekuatan? Faktanya setiap orang ingin didengarkan. Jika Stars people termasuk pribadi introvert, tak perlu ragu berteman dengan para ekstrovert, karena dari mereka ilmu bisa mengalir. Bahkan mungkin ajakan kerjasama akan diterima karena mereka merasa nyaman dengan pribadi dan pesona kekuatan seorang  introvert  yang suka mendengarkan.

Latihan dan challenge pribadi

“Practice makes perfect”, pepatah sederhana yang sering menjadi sumber kekuatan dan alasan untuk menghasilkan sesuatu yang lebih baik. Terkadang kita mungkin merasa sesuatu terasa terlalu berat untuk kita lakukan, atau mungkin mendapati suatu masalah yang awalnya merasa tidak mampu untuk memecahkannya. Tetapi seiring waktu, usaha, dan kerja keras, nyatanya semua terlampai dan berhasil diselesaikan. Mau berhenti dan puas sampai disini? Pasti tidak. Tentukan target dan challenge pribadi Stars people untuk selalu menghasilkan sesuatu yang lebih baik dari hari ke hari. Tiap keberhasilan akan menjadi pompa untuk kepercayaan diri, terutama bagi para introvert. Mulai dari hal sederhana, tantang diri untuk berani bertanya atau mengemukakan pendapat dalam sebuah forum. Jika berhasil mengalahkan rasa canggung, sesekali bisa menantang diri sendiri untuk menyelenggarakan forum networking  sendiri. Stars people akan merasakan perubahan cukup berarti dari waktu ke waktu dengan latihan dan challenge pribadi ini, dan semakin banyak network yang tercipta melalui cara ini.

Apapun kepribadian Stars people, yang terpenting adalah positive thinking, selalu belajar dan tak lupa bersyukur atas segala pencapaian. Sesuatu yang dianggap kelemahan bisa menjadi senjata untuk menciptakan kesuksesan jika mau belajar, mengasah ilmu, dan keahlian. Siap melesat lebih tinggi dengan “the power of networking” Stars people? (CEO Stars-AP)