5 Cara Cerdas Membesarkan Perusahaan Bagi Leader

09:15 on September 22, 2016 by Editor in CEO insight
5 Cara Cerdas Membesarkan Bisnis Perusahaan

Membesarkan bisnis sebuah perusahaan adalah impian setiap leader. Banyak pengusaha mengidentikan semakin keras bekerja, maka akan semakin besar hasil yang dicapai. Pemikiran tersebut terdengar indah pada masa start up, namun jika Stars people berharap perusahaan mencapai pertumbuhan yang tinggi maka bekerja terlalu keras akan menyedot energi dan kehilangan kesempatan menikmati hidup.

Katakanlah bisnis mulai bertumbuh, lalu dengan segala kerja keras yang dilakukan Stars people akan semakin kewalahan menjalankannya, hingga akhirnya mencapai suatu titik dimana kejenuhan dan ketidakmampuan manajerial membuat segalanya berantakan. Tom Villante, CEO Yapstone, sebuah perusahaan platform pembayaran, mengatakan, “waktu telah berubah sejak tahun 1700-an. Hari ini, bekerja cerdas mencapai hasil yang lebih baik daripada bekerja lebih keras. Saya yakin Anda akan fokus pada bisnis yang Anda bangun. Tapi akan lebih penting jika Anda membuat skala prioritas dengan memanfaatkan sumber daya yang ada untuk membantu mengembangkan bisnis.” 

Tanpa strategi work smart, Stars people akan terpaku pada sekadar bekerja keras demi membesarkan perusahaan dan tidak memperhatikan bagaimana perusahaan dapat berkembang lebih cepat dengan cara yang lebih cerdas. Berikut 5 cara cerdas membesarkan bisnis perusahaan yang Stars people kelola:

Mengusai kemajuan teknologi

Di era digital kemajuan teknologi tak terbendung. Sebagai seorang leader dari sebuah perusahaan, mau tidak mau Stars people harus “melek” teknologi. Tanpa mengenal dan menguasai kemajuan teknologi digital, Stars people akan ditinggalkan oleh banyak orang. Tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini, banyak perusahaan yang memanfaatkan teknologi digital untuk mengembangkan perusahaannya dan berekspansi lebih luas melintasi batas wilayah dan negara. Tak cuma itu, kemajuan teknologi juga memudahkan Stars people dalam mengerjakan banyak hal terkait pengembangan bisnis.

Buat tujuan yang jelas

Menentukan tujuan bisnis dari sebuah perusahaan secara jelas merupakan langkah strategis yang harus dilakukan sejak awal. Tentukan pula tujuan dan ketetapan-ketetapan bagi setiap karyawan yang Stars people rekrut, agar dapat mengembangkan perusahaan dan berkontribusi terhadap kemajuan kerja tim. Komunikasikan terhadap karyawan setiap tujuan yang jelas dan terukur  dan berikan mereka training agar lebih mudah untuk mencapainya.

Mendelegasikan tugas 

Banyak leader yang memilih mengerjakan sendiri banyak pekerjaan di perusahaannya daripada mendelegasikannya  pada karyawan. Sebagai leader yang memanage perusahaan, Stars people harus memberikan kepercayaan pada karyawan untuk melakukan pekerjaan yang mereka bisa lakukan. Hanya dengan memberikan kepercayaan kepada para pegawai Stars people dapat melihat mana pegawai yang bisa berjalan seiring untuk mencapai tujuan perusahaan. Di samping itu, dengan mendelegasikan pekerjaan membuat Stars people punya lebih banyak waktu untuk melakukan pekerjaan strategis lain yang akan melesatkan bisnis lebih tinggi lagi.

Memotivasi para karyawan

Karyawan yang termotivasi akan lebih efektif dalam bekerja. Sebagai leader Stars people dapat melakukan beberapa hal untuk memotivasi karyawan dengan perlakuan yang adil dalam reward and punishment seperti: jangan ada kesenjangan gaji yang lebar, memberi penghargaan terhadap karyawan berprestasi, beri tunjangan sesuai masa kerja, jangan pilih kasih dalam menegur sebuah kesalahan, menjalin kedekatan terhadap semua karyawan, membangun hubungan yang produktif, dan memperlakukan mereka sebagai anggota keluarga.

Belajar seumur hidup

Kesadaran diri adalah kunci keberhasilan sebagai seorang pengusaha. Sadari dan kenali apa yang Stars people tidak ketahui dan cari tahu dari ahlinya. Tidak sedikit pengusaha yang berusaha mengadaptasi keberhasilan pengusaha lain tanpa mengenali sisi ketidakmampuan dirinya. Dengan mengadaptasi tanpa mengilmui sama dengan sedang menyiapkan papan seluncur untuk menuju jurang kehancuran. Semangat dan kemauan untuk long life learning sangat dibutuhkan oleh para pengusaha jika ingin meraih kesuksesan dalam bisnis yang dibangunnya. (CEO Stars-TS)