5 Alasan Pentingnya Body Language Dalam Komunikasi

07:05 on September 7, 2016 by Editor in CEO insight

Stars people seberapa penting peranan bahasa tubuh bagi seorang leader? Dalam berkomunikasi kadang ada beberapa hal yang perlu ditekankan dengan body language. Olah tubuh atau body language sangat berpengaruh untuk menunjang komunikasi yang baik sehingga lawan bicara merasa nyaman saat berbicara dengan Stars people.

Menurut David Cohen, seorang penulis,  bahasa tubuh mampu menyingkapkan topeng-topeng yang kita pakai dan hal itu merupakan “isyarat yang bocor.”  Isyarat yang sebenarnya tidak ingin kita berikan namun tidak dapat terkontrol dan terlepas dengan sendirinya.

Penggunaan bahasa tubuh dalam berkomunikasi merupakan cara penekanan ekspresi pesan yang akan disampaikan. Hal ini penting untuk menghindari terjadinya distorsi informasi. Saat berkomunikasi dengan menggunakan bahasa tubuh akan memperjelas bahasa ujaran dan sekaligus akan menghasilkan dampak positif yang mungkin tidak diduga. Berikut ini 5 alasan pentingnya body language dalam komunikasi:

Memahami pikiran seseorang

Untuk memahami pikiran seseorang selain dengan bahasa verbal yang diungkapkannya, Stars people bisa mengamati ekspresi wajah dan tatapan matanya. Tidak sedikit orang yang mengalami kesulitan dalam mengungkapkan buah pikir dan perasaannya. Juga ada banyak orang yang mempu menyembunyikan apa yang dipikirkannya. Dengan mengamati body language-nya, Stars people bisa lebih memahami apa yang dipikirkan orang lain.

Menghindari kesalahpahaman

Ada banyak pembicaraan yang tidak tersampaikan dengan baik maksudnya. Agar tidak terjadi miss communication, sebaiknya Stars people belajar memahami bahasa tubuh dengan baik. Penggunaan body language yang benar akan mendukung tersampaikannya pesan dengan lebih tepat dan akurat.

Menakar kadar emosi

Kondisi kejiwaan seseorang bisa tersamarkan dengan kata-kata. Tetapi ia tidak bisa menyembunyikan gesture tubuhnya. Memahami bahasa tubuh penting bagi Stars people agar dapat menakar kadar emosi seseorang melalui ekspresi wajah dan tubuhnya. Dengan memahami kadar emosi seseorang, Stars people bisa melakukan langkah bijak saat berkomunikasi dengannya.

Mengetahui tanda kebosanan

Seorang komunikator verbal biasanya sangat suka untuk berbicara dengan siapa saja dan di mana saja. Dengan memahami body language secara detil, Stars people dapat mengetahui jika lawan bicara sedang bosan dan tidak ingin mendengarkan atau tidak suka dengan topik pembicaran dengan membuat batasan melalui ungkapan bahasa tubuhnya.

Membedakan kebenaran dan kebohongan

Menurut Sigmund Freud, “Tidak ada manusia yang bisa menyimpan rahasia bila bibirnya diam. Ia akan berceloteh dengan ujung jarinya. Rahasia terbersit dari seluruh pori-pori kulitnya.”

Sepandai apapun seseorang berkomunikasi secara verbal, ia tidak dapat menyembunyikan bahasa tubuhnya pada saat berbohong. Tatapan mata, ekspresi wajah, bahkan gerak tangan dan tubuhnya dapat terbaca dengan jelas pada saat ia sedang berbohong. Sebagai seorang leader, penting kiranya bagi Stars people untuk mengenal dan memahami body language agar dapat membedakan kebenaran dari kebohongan.

Dengan mempelajari bahasa tubuh, Stars people dapat mengetahui arti dari setiap gerakan tubuh manusia. Bahasa tubuh yang paling mudah dipelajari adalah dengan mempelajari cara kontak mata, jabat tangan, postur tubuh, ekspresi wajah, cara mengisi ruang dan lain-lain. Stars people ingin menjadi komunikator yang handal? Segera pelajari body language dan tingkatkan kemampuan komunikasi verbal. (CEO Stars-TS)