5 Alasan Mengapa Leader Harus Memahami Community Engagement

02:17 on January 26, 2017 by Roy Junanta in Capture

Saat perusahaan berlomba meningkatkan keterlibatan dengan lingkungan sekitar maka bukan hanya keuntungan finansial yang didapat namun juga makin banyak orang yang merasa memiliki perusahaan tersebut. Betapa luasnya manfaat dari interaksi sosial ini sampai-sampai sejumlah perusahaan berlomba menambah agenda kegiatan sosial. Di Amerika Serikat sendiri ditemukan data sedikitnya 59% konsumen suka membeli produk yang diasosiasikan dengan kegiatan non profit.

1. Harvard Business School menemukan bahwa perusahaan dengan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) lebih banyak mengalami peningkatan secara signifikan di pasar saham dan performa keuangan.

2. Sebuah studi menemukan respon luar biasa pasar terhadap perusahaan yang mengumumkan pemberian donasi terhadap korban bencana tsunami di Adia Tenggara, 2004 lalu. Makin besar donasi yang disumbangkan, makin besar imbal balik yang diterima perusahaan.

3. Penelitian menemukan bahwa perusahaan yang punya kepekaan tinggi pada persepsi pelanggan memiliki korelasi terhadap pertumbuhan penjualan.

4. Keterlibatan karyawan terhadap kegiatan sosial yang diadakan perusahaan meningkatkan rasa memiliki karyawan. Tentu ini menguntungkan bagi perusahaan.

5. Ditemukan fakta bahwa sejumlah perusahaan tertentu memiliki korelasi signifikan antara keterlibatan dalam community engagement dengan moral.

Begitu besarnya pengaruh komunitas pada pertumbuhan perusahaan menuntut para leader untuk aktif mengadakan kegiatan sosial perusahaan termasuk menyiapkan SDM yang memadai untuk mendukung program perusahaan. (CEO Stars-FH)