4 Tips Mengambil Keputusan Tepat Bagi Leader

03:00 on July 14, 2016 by Editor in CEO insight

Pernahkah Stars people mengalami kesulitan dalam mengambil sebuah keputusan? Sebagai seorang pemimpin ada kalanya merasa sulit dalam mengambil langkah dan sikap untuk sebuah keputusan. Terkadang bisa mengambil keputusan yang salah, dan mengalami dilema apakah harus mengorbankan kepentingan orang lain, atau memberikan risiko untuk tim.

Kecepatan dan ketepatan seorang pemimpin dalam mengambil keputusan lazimnya menjadi tolak ukur kompetensi dan kredibilitas yang dimilikinya. Jika pemimpin lamban dan ragu-ragu dalam bertindak, anak buah akan melihatnya sebagai orang yang indecisive, takut, dan tidak tegas. Hal tersebut membuat mereka mempertanyakan kemampuan si pemimpin, dan bahkan kehilangan kepercayaan terhadapnya.

Seperti yang dilakukan Jack Dorsey, dalam perannya sebagai CEO Square. Ia mengambil keputusan untuk meningkatkan penggunaan Square, sebuah card reader untuk kartu kredit yang dapat dipasang pada smart phone. Dengan tujuan agar dapat bersaing dengan alternatif pembayaran mobile dari perusahaan seperti PayPal dan Apple. Lelaki bertangan dingin yang juga pendiri Twitter ini melakukan beberapa hal dalam pembuatan keputusan. Salah satunya adalah memberhentikan karyawan yang tidak memberikan kontribusi terhadap perusahaan. Jack melihat perusahaan dan orang-orang yang terlibat di dalamnya sebagai satu kesatuan dalam membuat sebuah keputusan. Mereka memiliki konteks terbesar terhadap apa yang perlu dilakukan, juga bertanggung jawab untuk terus meningkatkan perusahaan serta menjaga timnya terus bergerak maju.

Berikut 4 hal yang perlu Stars people perhatikan dalam pengambilan sebuah keputusan:

Jangan takut salah

Rasa takut seringkali menjadi penghambat dari kesuksesan. Singkirkan rasa takut dan terus melangkah. Dengan perhitungan yang matang, mengatasi rasa takut merupakan sebuah proses dalam mengambil keputusan, membantu mendewasakan karakter, dan mengasah intuisi.

Mengasah problem solving

Kesalahan dalam pengambilan sebuah keputusan bisa terjadi karena salah memilih. Juga bisa dikarenakan ketidaktelitian seorang pemimpin. Oleh sebab itu hendaklah mengetahui setiap detil permasalahan, mengumpulkan informasi, dan carilah solusi. Dengan memperhatikan setiap detil terkait permasalahan yang ada, akan mengasah feeling dan kemampuan problem solving seorang pemimpin.

Buat deadline

Seringkali dalam memutuskan sesuatu seorang pemimpin memerlukan banyak pertimbangan. Jangan sampai waktu terbuang sia-sia dan kita sudah terlambat mengambil peluang yang ada hanya karena terlalu lama memikirkannya. Buatlah deadline kapan keputusan tersebut harus diambil. Jangan terlampau mengulur waktu dengan mempertimbangkan banyak hal yang tidak perlu.

Percaya diri

Menarik kembali keputusan yang telah diambil akan membuat seorang leader terlihat plin-plan, dan tidak tegas sebagai seorang pimpinan. Percaya dirilah terhadap setiap keputusan yang telah diambil, dengan terus memantau, memastikan, dan mengevaluasi apakah sesuatu yang telah diputuskan sesuai dengan keinginan.

Jadi apakah masih ragu untuk mengambil sebuah keputusan terpenting dalam hidup, Stars people? (CEO Stars-AL)