35 Langkah ini Bisa Bantu Anda Wujudkan Mimpi di 2016

03:17 on January 1, 2016 by Editor in Capture

Sudah membuat daftar resolusi tahunan tapi ujung-ujungnya target menguap begitu saja? Mereka yang sukses selalu menulis rencana apa yang akan diwujudkan sepanjang tahun ke depan.

CEO Rare Birds Jo Burston mengatakan bahwa dirinya selalu menulis poin-poin penting yang terjadi sepanjang tahun lalu, pencapaian, dan titik pijakan yang telah dibuat. Kemudian membuat daftar negatif dan keputusan salah tahun kemarin. Lalu memperbaikinya di tahun ini dan meneruskan yang positif. Bahkan ia menulis daftar berisi 20 orang yang akan ditemui sepanjang tahu ini. Mengapa dan apa value yang ia dan orang tersebut akan dapatkan dalam pertemuan nanti.

Saatnya menjadikan tahun yang akan dijalani lebih baik dibanding tahun-tahun sebelumnya. Berikut 35 daftar langkah nyata untuk mewujudkan resolusi 2016, yang bisa Stars people lakukan :

1. Buat daftar pencapaian 2016. Pencapaian sebaiknya dibuat lebih realistis, sehingga peluang tercapai lebih besar. Tentu hal ini harus disesuaikan dengan kapasitas Stars people selama ini.

2. Tulis target lebih detil & spesifik. Makin detil target makin baik. Pastikan daftar pencapaian tersebut dibuat mingguan dan bulanan sehingga mudah dalam menjalankan maupun mengontrolnya.

3. Siapkan rencana kedua. Mulai dari sekarang membuat perencanaan bayangan. Jika rencana A tidak tercapai, maka langkah berikutnya yang harus ditempuh adalah rencana B. Perlu diingat, bahwa rencana-rencana yang dibuat tetaplah mengarah pada tujuan utama.

4. Buat tolak ukur pencapaian. Ini akan memudahkan Stars people dalam mencapai tujuan. Seperti halnya daftar tujuan, tolak ukur sebaiknya ditulis detil juga.

5. Detilkan dalam bentuk aksi nyata. Selain daftar yang detil, aksi nyata juga ditulis dalam langkah yang lebih nyata juga, dan bukan hanya wacana yang penerapannya sulit. Contoh : jika Anda ingin memiliki usaha sendiri di tahun ini atau tahun depan, maka aksi nyata yang bisa Stars people lakukan adalah disiplin mengumpulkan modal yang harus terkumpul sesuai perencanaan bisnis, membuat business plan, dan segala daftar aksi nyata lain.

6. Tempatkan di tempat yang mudah terlihat. Ini akan memudahkan untuk terus mengingat dan melakukan aksi nyata. Daftar tersebut menjadi self reminder yang harus selalu diingat untuk dilakukan setiap saat.

7. Buat timeline lebih realistis. Daftar dibuat untuk tujuan dicapai bukan? Jadi penting membuat daftar target yang lebih realistis.

8. Bagikan pada 3 orang terdekat. Manusia adalah mahluk dinamis. Ada kalanya bersemangat dan ada kalanya pula rasa malas timbul. Membagikan daftar target pada orang terdekat membantu mengingatkan Stars people untuk fokus pada tujuan tersebut. Minta mereka untuk berani menegur atau mengingatkan setiap saat.

9. Buat Jurnal. Ini akan memudahkan mencapai tujuan lewat langkah-langkah sistematis.

10. Kliping motivasi. Browsing di internet kata-kata maupun gambar motivasi favorit. Bisa pepatah lama, kata bijak orang sukses, atau jokes pemberi semangat.

11. Lebih realistis, kurangi perfeksionis. Tidak tercapainya target bisa karena tuntutan yang terlalu tinggi. Perlu diingat bahwa apa yang Stars people pikirkan tidak sama dengan orang lain pikirkan, maupun fakta di lapangan nanti. Menjadi fleksibel membantu lebih konsisten dalam mencapai tujuan karena energi tidak habis gara-gara tidak tercapainya beberapa hal.

12. Lakukan perubahan kecil. Perubahan di sini adalah dalam berpikir, berkata, dan bertindak. Langkah kecil namun konsisten jauh lebih efektif ketimbang target besar tapi tidak ada aksi nyata.

13. Biasakan memberi penghargaan. Meskipun pencapaian kecil juga perlu lho. Ini yang akan menjadikan sikap konsisten.

14. Maksimalkan teknologi. Sign up email motivasi dari perusahaan atau figur motivator sehingga setiap hari Anda termotivasi. Bisa juga mem-follow facebok, twitter, linkedin, pinterest atau media sosial lain berisi motivasi harian.

(Resource pict : www.steelcase.com)

(Resource pict : www.steelcase.com)

15. Buat daftar tidak produktif. Setelah itu berdisiplin mengurangi hal-hal tidak produktif tersebut, termasuk menghindari penghalang, kebiasaan menunda, membuang waktu percuma, dan lain-lain. Jangan hanya membuat daftar tidak produktif, tetapi tidak mengurangi kebiasaan buruk tersebut.

16. Evaluasi ulang daftar resolusi. Ada yang lebih penting dari sebuah daftar pencapaian, yakni terukur, realistis, detil, dan sesuai dengan pembuatnya. Tidak ada salahnya bila Stars people membaca ulang daftar tersebut.

17. Buat 10 alasan mengapa Stars menulis resolusi tersebut. Ini menarik. Karena jika mengetahui alasan di balik resolusi tersebut, Anda akan lebih bersemangat.

18. Tandai dengan visualisasi menarik. Untuk kebutuhan ini bisa browsing gambar terkait, tempelan quotation mark, warna-warni, dan atau stiker post it yang disuka.

19. Tempelkan satu gambar cita-cita besar. Gambar yang ditempel adalah yang sesuai dengan cita-cita terbesar Stars people dalam tahun tersebut. Misal jika ingin keliling Eropa, maka gambar-gambar seperti menara Eiffel di Paris, Colosseum Roma, gunung es di Swiss, dan stasiun kereta bawah tanah di Inggris bisa memacu semangat untuk mewujudkan mimpi tersebut.

20. Duduk tenang, lalu visualisasikan tujuan utama. Kekuatan terbesar pikiran memang luar biasa. Berbagai penelitian telah membuktikannya. Hal sama bisa Stars people lakukan.

21. Bagikan pengalaman berharga. Jika dalam tahun berjalan Stars people telah berhasil mewujudkan beberapa resolusi, coba ajak orang lain bersama melakukannya. Selain akan memotivasi mereka dalam meraih mimpinya, Stars people juga akan termotivasi dan orang lain pun merasa memiliki mimpi Stars people.

22. Lakukan sesuatu yang baru sebagai refreshment. Rutinitas dapat menciptakan rasa bosan, apalagi jika perjalanan dalam meraih mimpi tidak sesuai rencana. Melakukan hal-hal baru dapat memberi semangat baru untuk terus optimis dalam hidup.

23. Beri 5 menit pada diri sendiri. Kebiasaan orang sukses yang tidak dimiliki oleh mereka yang gagal adalah mereka selalu bangun pagi dan menyempatkan memberi treatment bagi diri sendiri. Bisa dengan yoga, duduk merenung, atau menulis catatan kecil untuk hari ini.

24. Sedikit akan lebih efektif.
Pepatah “Sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit” ada benarnya juga. Segala hal yang dilakukan terus menerus lama-lama akan menjadi besar, meski itu sesuatu hal yang kecil.

25. Amankan keuangan. Kekuatan finansial menjadi salah satu faktor suksesnya resolusi. Tak dapat dipungkiri bahwa untuk menjalankan ide-ide butuh dukungan finansial juga, selain dukungan dalam bentuk lainnya.

26. Lengkapi kebutuhan produktivitas. Ini berkaitan dengan kelancaran pencapaian target. Misal, jika Stars people punya resolusi ingin memiliki jantung sehat, maka olah raga harus menjadi rutinitas. Untuk itu, perlu dilengkapi peralatan atau perlengkapan yang mendukung.

27. Lakukan evaluasi bulanan. Selain mengontrol agar kita tetap on the track, cara ini juga dapat mengukur sejauh mana kemampuan seseorang.

28. Pertajam keahlian. Untuk menjadi seorang yang expert, keahlian mutlak diperlukan. Luangkan waktu untuk terus mengasah keahlian diri.

29. Aktif berjejaring. Ini berkaitan erat dengan poin 28. Berjejaring selain menambah pengetahuan baru dan mempertajam skill, juga dapat menambah referensi dalam mencapai tujuan. Bisa dilakukan secara online, atau menghadiri forum-forum seperti workshop, seminar, kumpul komunitas, dan acara gathering lain yang Stars people sukai.

30. Buat daftar orang penting yang harus ditemui. Cara ini selain menambah pengetahuan dan jejaring Stars people, juga bisa jadi mood booster. Siapa figur yang akan Stars people temui tahun ini?

31. Ambil liburan berkala. Bekerja ada waktunya. Mereka yang produktif selalu menjadwalkan waktu untuk liburan.

32. Buat check-list pencapaian. Dari sekian daftar yang ada di list ini, membuat daftar pencapaian adalah satu di antara beberapa hal yang paling menyenangkan. Bayangkan, di genggaman Stars people adalah note berisi daftat capaian. Bangga bukan?

33. Rayakan pencapaian. Jika sudah mencapai beberapa capaian, saatnya merayakannya. Memberi penghargaan pada diri sendiri atas usaha yang telah dicapai selain menambah semangat juga menjadilan pengejaran target berikutnya jadi lebih menyenangkan.

34. Beri penghargaan pada orang-orang yang telah berjasa. Di awal daftar resolusi, Stars people telah menulis 3 orang terdekat yang dimintai tolong menjadi reminder pencapaian resolusi. Sudah menjadi sewajarnya Stars people memberi hadiah atau penghargaan lain pada mereka pada saat percapaian itu terwujud.

35. Buat rencana renungan akhir tahun. Apa kekurangan dan kelebihannya, mengapa ada yang tercapai, mengapa pula ada yang tidak. Selamat atas pencapaian Anda!

Daftar telah buat. Langkah selanjutnya adalah berkomitmen pada daftar tersebut. Ingat, bahwa mimpi besar harus terengkuh dan itu hanya bisa terjadi jika ada aksi menuju ke sana. Semoga 2016 menjadi milik Stars people. Semoga beruntung! (CEO Stars-RD)