3 Kunci Etos Kerja

10:08 on August 6, 2015 by Editor in Competitive

1440929440704

Performa karyawan tak bisa lepas dari ‘kepercayaan’ karyawan terhadap perusahaan. Karyawan yang meyakini akan visi dan misi perusahaan kata Career Coach Rene Suhardono, akan siap melakukan banyak hal untuk perusahaannya. Rene menyarankan para leader perusahaan untuk benar-benar memfilter karyawan, dalam hal ini memastikan apakah karyawan punya common believe yang sama atau tidak.

Menurut pemerhati karir dari Impact Factory ini, produktifitas akan tercapai maksimal bila karyawan memiliki kesamaan visi. Tugas para pemimpin di perusahaan untuk menyampaikan kepada bawahan apa visi misi yang akan dicapai bersama. Kemudian visi misi itu terwujud oleh suasana kerja yang mendu Etos kerja sendiri memiliki 3 komponen yakni ability, effort dan attitude.

Ability dibangun oleh latar belakang pendidikan seseorang. Jika perusahaan mempertimbangkan universitas tertentu dalam menyaring pelamar, itu sudah tepat, karena ada faktor mempertimbangkan reputasi kampus selama ini.

Effort lebih ke upaya seseorang dalam mengejar sesuatu, meyakini apa yang menjadi nilai dalam hidupnya untuk diwujudkan. Dalam konteks organisasi perusahaan, prestasi karyawan ditentukan oleh nilai yang dianutnya.

Attitude merupakan pembawaan diri karyawan. Sikap yang akan membawanya pada pencapaian kinerja yang baik. Ketiga elemen tersebut menjadi penentu etos kerja karyawan. “Jadi, hire seorang believer, not worker.” Tukas penulis buku The Journey to the #UltimateU dan Your Job is Not Your Career ini. (CEO Stars-RD)