3 Cara Sederhana Mengenalkan Merek

10:29 on October 17, 2016 by Editor in CEO insight
3 Cara Sederhana Mengenalkan Merek

Setiap orang lebih menyukai cara-cara sederhana dalam mengenalkan merek tertentu baik di dunia digital maupun dunia iklan konvensional. Saat ini para pengguna media sosial  dibanjiri dengan banyak informasi yang berbeda baik di platform mobile maupun desktop. Tidak semua informasi bisa diterima secepat mengunyah makanan. Semakin sederhana cara penyampaian sebuah informasi, semakin mudah diterima. Menurut sebuah penelitian yang dimuat di Forbes edisi 26 September 2016 disebutkan bahwa, sebuah merek yang menyederhanakan proses penyampaiannya, keputusan pelanggan adalah 86% lebih mungkin untuk membeli dan 115% lebih mungkin untuk merekomendasikan.

Pelanggan menginginkan segala sesuatu yang disampaikan dengan cara sederhana dan mudah menarik perhatian. Hal tersebut menyebabkan perusahaan besar macam Apple menggunakan slogan sederhana ‘I’m a Mac, I’am a PC’ sebagai upaya menyedot pemakai Microsoft untuk beralih ke produk mereka. Pada tahun 2006 Philips juga merajai penjualan dengan kampanyenya ‘Sense and Simplicity’ yang menjanjikan kesederhanaan cara pakai teknologi yang sangat menyentuh hati para penggunanya. Begitu sederhana. Langsung menyentuh kebutuhan konsumen.  Konsep penyederhanaan penyampaian pesan akan sangat berpengaruh terhadap merek yang sedang Stars people jual. Penyederhanaan cara penyampaian dimulai dari logo, tagline, website, Apps, layanan email dan media sosial. Berikut cara sederhana yang dapat Stars people lakukan dalam rangka mengenalkan merek di dunia digital.

Desain yang sederhana

Ada banyak cara untuk menyampaikan kesederhanaan pesan dalam desain. Gunakan warna yang minimalis, tidak saling berbenturan dan mengganggu satu sama lain. Gunakan jenis huruf yang mudah dibaca, tidak berlebihan, dan tanpa embel-embel hiasan huruf yang tidak perlu. Hindari pencampur adukkan warna dan desain yang justru akan membingungkan konsumen. Contoh sederhana adalah buah apel yang meninggalkan bekas gigitan pada logo Apple. Desain yang sederhana adalah langkah awal dalam mengenalkan merek Stars people.

Konten media sosial yang sederhana

Kesederhaan juga menjadi daya tarik yang menjual dalam media sosial. Konten grafis lebih menarik daripada deretan kata-kata panjang yang bertele-tele, terlebih untuk pengguna mobile phone. Menurut Sotrender study,  tweet dengan foto menerima 141% lebih retweets daripada yang hanya berisi tulisan. Untuk menggunakan info grafis perhatikan ukuran rasio grafis agar tidak terpotong saat diposting, pemakaian hurus standar, teks singkat, dan sisakan ruang kosong untuk penambahan kalimat saat retweet. 

Konsep sederhana pada media sosial tidak hanya terletak pada konten melainkan juga foto profil, dan biodata singkat yang menarik. Semakin sederhana cara penyampaiannya, akan semakin membuka peluang untuk menarik minat para pengguna medsos terhadap produk Stars people.

Sederhanakan website, Apps, dan layanan online

Ingatlah bahwa pelanggan potensial Stars people bisa jadi adalah mereka yang melihat website pertama kali tanpa mengetahui spesifik produk yang dihasilkan. Mereka tiba di sana melalui mesin pencarian. Jika tampilan website menarik, sederhana dan memudahkan mereka dalam pencarian dan penulusurannya, kemungkinan besar mereka akan berlama-lama berselancar dan memutuskan untuk menggunakan produk tersebut. Halaman depan website Stars people harusnya hanya ada unsur yang dibutuhkan seperti artikel, foto, dan hal-hal menarik lainnya. Dengan cara itu, mata pengguna akan dipandu untuk menuju bagian-bagian penting di dalamnya. Ketika ada terlalu banyak tampilan di situs dapat menyulitkan proses navigasi. Selanjutnya koneksikan situs dengan tampilan Apps yang lebih sederhana lagi, termasuk dalam layanan interaktif pelanggan online.

Kesederhanaan adalah lebih penting dari yang lainnya. Tidak semata website atau media sosial dari produk yang Stars people hasilkan dapat diakses dari layar kecil ponsel, lebih dari itu segala sesuatu yang sederhana  lebih berpeluang untuk diminati. Mari menyederhanakan penampilan merek di dunia digital, Stars people. Meskipun prosesnya tidak sederhana. (CEO Stars.TS)