3 Alasan Pentingnya General Check Up Untuk Menunjang Produktivitas

08:44 on February 11, 2016 by Editor in Capture, Coffee Break

Apa yang ada di benak Stars people mendengar kata medical check up? Ya, pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh untuk mengetahui gejala-gejala penyakit yang ada di dalam tubuh. Medical check up ibarat sebuah buku rapor dari hasil ujian terhadap pola makan, olahraga, dan istirahat yang kita lakukan sehari-hari. Menurut dr. Ronald Irwanto, Sp. PD pemeriksaan kesehatan ini setidaknya perlu dilakukan satu tahun sekali secara rutin untuk mengetahui kondisi kesehatan dan risiko penyakit yang mungkin timbul. Terdengar sedikit menakutkan ya, tapi general medical check up mampu menunjang produktivitas kerja karena beberapa alasan ini :

1. Kesehatan Selalu Terjaga

Dengan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh, kita akan mengetahui segala sesuatu yang mungkin dialami anggota tubuh termasuk organ vital, sehingga kita bisa mengantisipasi bahkan mengambil tindakan preventif untuk menjaga kesehatan. Menurut Dr. William C. Shiel Jr., pengajar di Ilmu Kedokteran Universitas California, setidaknya ada 4 hal utama tentang pentingnya pemeriksaan kesehatan :

• Mengidentifikasi risiko penyakit kronis
• Mendeteksi penyakit yang memiliki gejala jelas
• Memperbarui data klinik kesehatan terbaru
• Mendapatkan nasihat dari dokter mengenai perilaku hidup sehat

Lebih jauh menurut Dr William, hal paling utama yang bisa diperoleh dari check up kesehatan adalah upaya pencegahan terhadap kemungkin terjadinya berbagai macam penyakit. Menurut kajian dari U.S. Department of Health and Human Services, pemeriksaan kesehatan sangat penting untuk mendeteksi lebih dini berbagai macam kondisi kesehatan. Dalam kajian yang bertajuk The U.S. Preventive Services Task Force tersebut, berhasil ditemukan setidaknya 70 jenis penyakit penyebab kematian dan cacat di Amerika, sehingga bisa dilakukan tindakan pencegahan lebih lanjut. 

2. Perawatan Mata

Di jaman serba moderen dan canggih ini mata merupakan salah satu organ vital tubuh yang bertugas sangat berat. Penggunaan gadget hampir sepanjang hari, radiasi dan efek negatif sinar ultra violet menyebabkan beberapa gangguan mata, mulai dari gangguan ringan seperti mata lelah, minus pada mata yang semakin tinggi hingga iritasi, tetapi hal tersebut sering terabaikan karena kesibukan. Studi yang dilakukan Universitas Alabama di Birmingham (UAB), Sekolah Optometry melakukan pengujian terhadap hubungan antara penglihatan para pekerja yang menggunakan komputer dengan produktivitasnya di tempat kerja. Hasil studi menunjukkan :

• Ada korelasi positif antara ketajaman penglihatan dengan waktu yang dibutuhkan oleh para pekerja yang menggunakan komputer dalam melaksanakan tugasnya. Tugas tersebut lebih lama dikerjakan oleh mereka yang mengenakan kacamata daripada mereka yang masih memiliki penglihatan normal.

• Berkurangnya produktivitas para pekerja dengan komputer, diantara mereka bahkan tidak menyadari bahwa mereka mengalami gangguan penglihatan. Terkadang pengguna komputer tidak menyadari akan masalah ketidaknyamanan penglihatan tersebut, padahal hasil studi menunjukkan hal tersebut bisa menurunkan performa dan kinerja hingga 20%.

3. Perawatan Gigi

Sama halnya dengan kesehatan mata, kesehatan gigi dan gusi juga tak akan luput saat kita melakukan general medical check up. Berdasarkan The Journal of Dental Research, periode waktu kita saat mengunjungi dokter gigi tergantung pada tingkat risiko penyakit periodontal, seperti gigi yang mulai goyah, atau gigi berlubang. Tetapi penyakit periodontal tersebut sering terabaikan, dianggap wajar karena faktor usia. Kesehatan gigi dan gusi memainkan peran penting dalam kesehatan tubuh secara keseluruhan. Inflamasi radangan pada gusi misalnya, dapat menyebabkan tanggalnya gigi, struktur gigi yang rusak dapat menyebabkan gangguan lambung dan pencernaan, bahkan menurutWebMD.com dalam jurnal Periodontal Disease and Heart Health, penumpukan bakteri di dalam mulut dapat menjadi pemicu peningkatan risiko penyakit jantung. 

Kesehatan adalah anugerah tak ternilai. Menjaganya adalah salah satu cara bersyukur atas nikmat Tuhan. Menjaga kesehatan agar selalu prima sudah pasti membantu menunjang produktivitas. Masih ragu melakukan general medical check up, Stars people? (CEO Stars-AP)