10 Soft Skill Paling Dibutuhkan Apapun Organisasinya

09:08 on October 18, 2016 by Editor in CEO insight
10 Soft Skill Paling Dibutuhkan Apapun Organisasinya

Dalam dunia kerja, organisasi, berjejaring, atau apapun, soft skill sangat dibutuhkan selain hard skill. Sayangnya dunia pendidikan kita lebih banyak menekankan pada pengembangan hard skill. Menurut penelitian yang dikutip dari Lena Salita dan Santoso pada Rakerwil pimpinan PTS (Perguruan Tinggi Swasta) tahun 2006, kebanyakan model pendidikan akan memberikan 90% hard skill dan 10% soft skill. Sementara, yang terjadi di dunia kerja justru sebaliknya. Data Harvard School of Business menyebutkan bahwa hard skill yang akan terpakai hanya sekitar 20% saja dan sisanya yang dibutuhkan adalah soft skill.

Soft skill sangat dibutuhkan untuk melengkapi kompentensi Stars people dalam dunia kerja atau organisasi apapun. Menurut data yang dikumpulkan Tim Litbang CEO Stars setidaknya ada 10 soft skill yang paling dibutuhkan oleh apapun organisasi maupun perusahaan dimana Stars people beraktivitas. Berikut 10 soft skill tersebut:

1. Etika kerja

Hard skill saja tidak cukup dalam bekerja. Dibutuhkan etika kerja yang mumpuni agar Stars people dapat mengerjakan segala hal dengan baik dan benar. Dengan etika kerja yang baik Stars people akan punya keinginan untuk menapaki jenjang karir dan menyiapkan masa depan. Jauh dari keinginan bermalas-malasan dan mangkir dari pekerjaan, serta menyibukkan diri untuk menorehkan prestasi.

2. Berorientasi tujuan dan kerjasama tim

Menonjolkan kemampuan diri secara berlebihan dengan berusaha mengerjakan segala sesuatu sendiri bukanlah sebuah keputusan yang baik, karena setiap orang punya keterbatasan. Bagaimanapun kerjasama tim dengan berorientasi pada tujuan jauh lebih baik. Terlebih jika dalam suatu perusahaan terdiri dari beberapa divisi yang saling terkait. Jika Stars people tidak kooperatif bukan tidak mungkin akan menjadi masalah internal yang serius dan berdampak pada kinerja seluruh tim serta penurunan hasil produksi perusahaan.

3. Komunikasi prima

Kemampuan berkomunikasi yang baik sangat dibutuhkan dalam segala jenis hubungan. Baik komunikasi verbal maupun non verbal. Kemampuan komunikasi yang prima akan membuat Stars people tampil percaya diri dan lebih mudah mengomunikasikan apapun dalam segala suasana.

4. Fleksibel dan mudah beradaptasi

Berhadapan dengan banyak orang dalam situasi yang berbeda dituntut untuk bisa bersikap fleksibel dan beradaptasi segera. Stars people harus membangun rasa percaya diri agar lebih mudah beradaptasi dan tidak kaku menyikapi kondisi apapun.

5. Berpikir positif

Jika tidak bisa berpikir positif dan selalu curiga terhadap orang-orang di sekitar menunjukkan bahwa Stars people belum selesai dengan masalah pribadi yang ada. Membangun pikiran positif akan menentukan cara Stars people bersikap dan menyikapi orang lain atau kondisi yang berbeda.

6. Percaya diri

Rasa percaya diri yang tinggi dimiliki oleh mereka yang selalu berpikiran positif. Dengan rasa percaya diri Stars people akan lebih mudah untuk beradaptasi, bekerjasama, dan melakukan banyak hal positif dan bermanfaat yang lainnya.

7. Bekerja baik di bawah tekanan

Dalam perusahaan atau organisasi apapun akan ada saat yang tidak menyenangkan seperti bekerja di bawah tekanan. Tuntutan untuk menampilkan sesuatu sebaik mungkin, deadline ketat, pimpinan yang cerewet, anggota tim yang tidak menyenangkan, dan masih banyak lainnya merupakan kondisi yang menekan mental. Dibutuhkan soft skill yang tinggi untuk bisa bekerja di bawah tekanan sedemikian rupa. Kesabaran, ketulusan, dan kemampuan mengomunikasikan semuanya menjadi kompetensi yang harus dimiliki Stars people untuk bisa bekerja dengan baik di bawah tekanan.

8. Motivasi diri

Motivasi merupakan dorongan yang menyebabkan seseorang melakukan suatu perbuatan untuk mencapai tujuan tertentu, Motivasi terbaik adalah yang muncul dari dalam diri Stars people. Dengan motivasi diri yang kuat akan mendorong Stars people untuk melakukan yang terbaik untuk mencapai tujuan sebagai upaya meraih karir terbaik.

9. Leadership

Kemampuan leadership tidak hanya dikhususkan bagi mereka yang memiliki jabatan tertentu. Ada banyak perusahaan yang lebih memilih pegawai yang memiliki jiwa kepemimpinan yang baik. Sejauh mana keberhasilan yang bisa diraih dalam organisasi apapun tergantung pada leadership skill yang Stars people punya. Leadership skill diantaranya ditandai dengan kemampuan Stars people dalam mengemban tugas dan tanggung jawab yang diberikan, termasuk menyelesaikannya dengan baik.

10. Dapat diandalkan

Kemampuan Stars people dalam mengenal dan mengelola emosi dengan baik menjadi dasar untuk mengenal emosi orang lain. Dengan mengenal emosi orang lain, Stars people dapat bekerja dengan baik dengan segala motivasi diri dan kemampuan soft skill lainnya sehingga bisa diandalkan untuk menyelesaikan dan mengatasi banyak masalah dalam berbagai kondisi. (CEO Stars-TS)