10 Perbedaan Antara Leader Vs Follower

10:43 on September 15, 2015 by Editor in Capture, CEO insight

Dari jawaban acak yang dilontarkan ke banyak orang, secara dominan sepakat bahwa menjadi seorang leader tidaklah semudah menjadi follower. Padahal seorang pemimpin yang baik adalah ia yang pada saat menjadi follower, mampu menjadi pengikut yang baik. Banyak pula yang mengira perbedaan keduanya terletak pada tanggung jawab yang dibebankan, meski sebenarnya follower yang baik memiliki beban tanggung jawab serupa.

Melanie Benson Strick seorang Small Business Optimizer menjelaskan perbedaan menonjol antara Leaders dan Followers :

1. Seorang leader bekerja lebih keras dibanding follower dan menariknya para pemimpin ini masih punya waktu lebih.

2. Ketika leaders membuat kesalahan dia mengatakan : “Saya yang salah”. Saat followers membuat kesalahan ia selalu punya kalimat jitu : “Itu bukan kesalahan saya”.

3. Seorang follower selalu merasa “terlalu sibuk” untuk mengerjakan yang penting, leader mempunyai skala prioritas.

4. Seorang leader memiliki dan menjaga komitmen, follower membuat dan melupakan janji.

5. Leader mampu melalui sebuah problem, follower selalu berkutat dengannya. Beda dari keduanya adalah dari sudut pandang. Leader fokus pada pemecahan masalah, follower hanya melihat masalah.

6. Leader akan berkata : “Aku bisa, tetapi seharusnya bisa lebih baik dari ini.” Sementara follower mengatakan “Aku tak seburuk yang orang lain pikirkan.”

7. Leader mau mendengarkan, follower hanya menunggu hingga tiba giliran berbicara.

8. Leader merasa bertanggung jawab melebihi pekerjaan yang dibebankan, follower akan mengatakan : “Aku hanya bekerja di sini.”

9. Setiap kali ada permasalahan pelik untuk diselesaikan, para leader akan mengatakan : “Seharusnya ada cara yang lebih baik dari ini.” Bandingkan dengan followers, kebanyakan dari mereka akan mengatakan : “Selama ini cara seperti ini selalu berhasil diterapkan di sini.”

10. Leader dengan segala kemampuannya memikirkan bagaimana melayani dunia, sementara follower hanya fokus pada uang.

Di luar dari 10 poin di atas, leaders selalu memikirkan cara menjadikan lingkungannya lebih baik dengan penuh dedikasi dan keinginan untuk terus belajar. Itulah mengapa bahasan mengenai leadership tidak pernah berhenti hanya pada satu titik. (CEO Stars-RD)